Global-News.co.id
Koperasi dan UKM Pantura Utama

Gandrung Rajungan, Bentuk Syukur Masyarakat pada Hasil Laut di Lamongan

UMKM milik warga menyajikan berbagai hasil laut yang dikemas dalam Festival Gandrung Rajungan

LAMONGAN (global-news.co.id) – Lapangan Utara GOR Sport Center Kemantren, Desa Kemantren, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan mendadak dipenuhi oleh lapak UMKM milik warga.

Bukan tanpa sebab, UMKM milik warga itu menyajikan berbagai hasil laut yang dikemas dalam Festival Gandrung Rajungan. Salah satu festival atau budaya masyarakat dalam mensyukuri hasil laut yang dihasilkan oleh para nelayan.

Keberadaan festival itupun, menarik perhatian berbagai pihak untuk datang mengikuti berjalannya even itu, salah satu di antaranya Dandim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan.

Tak hanya itu, di lokasi festival juga digelar sosialisasi terkait ketentuan cukai rokok dan bahaya rokok ilegal. Sosialisasi tersebut, dilakukan oleh Forkopimda Lamongan.

“Masyarakat telah berhasil mengolah sumber daya alamnya dengan baik. Ditambah lagi, potensi itu diolah melalui produk-produk UMKM pangan, dan sandang serta pengelolaan Bumdes setempat,” kata Dandim ditemui di sela-sela acara, Sabtu (26/08/2023).

Selain itu, Letkol Wira berujar, festival yang diselingi dengan adanya sosialisasi cukai ilegal tersebut, dinilai mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya peredaran rokok ilegal. (amo, ins)

baca juga :

Badrut Tamam Launching Tim ‘’Samada’’ Satpol PP Pamekasan

gas

Sedekah Bumi Perkuat Sektor Ekonomi UMKM dan Budaya di Surabaya

Redaksi Global News

Berkat IDM, Tahun 2021 Lumajang Lahirkan 10 Desa Mandiri

Redaksi Global News