Global-News.co.id
Gaya Hidup Metro Raya Politik Utama

Sedekah Bumi Perkuat Sektor Ekonomi UMKM dan Budaya di Surabaya

Cak Awi pada kegiatan sedekah bumi di RT 08, RW 10, Kelurahan Manukan Kulon, Kecamatan Tandes, Surabaya, Sabtu (8/10/2022).

SURABAYA (global-news.co.id) – Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono menilai sedekah bumi memperkuat sektor ekonomi UMKM, seni budaya dan pariwisata, khususnya di wilayah setempat.

“Sedekah bumi sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME, yang dilestarikan turun-temurun. Semoga di tahun-tahun ke depan bisa digelar lebih semarak lagi,” katanya saat memberikan sambutan pada kegiatan sedekah bumi di RT 08, RW 10, Kelurahan Manukan Kulon, Kecamatan Tandes, Surabaya, Sabtu (8/10/2022).

Ia mengatakan, sedekah bumi merupakan tradisi untuk mengenang dan mendoakan para sesepuh, pendiri desa, yang telah membuka pertama kali lahan pemukiman kampung.

Cak Awi, sapaan akrabnya, mengatakan DPRD Surabaya mengapresiasi seluruh inisiatif masyarakat untuk menggelar tradisi adat sedekah bumi setiap tahun. “Kami perkuat terus jiwa gotong royong yang hidup di masyarakat. Sesama warga masyarakat saling bahu-membahu, bekerja sama satu sama lain,” ucapnya.

Dalam sedekah bumi warga beramai-ramai membawa tumpeng dari rumah masing-masing. Mereka duduk lesehan di bawah terop panjang memenuhi sepanjang jalan kampung.

Sedangkan di pentas panggung ada gelaran wayang kulit, salah satu kesenian tradisional yang favorit dipentaskan. Ada kerawitan dan juga tari remo. Selain itu juga digelar pasar murah di sepanjang jalan, yang menyajikan produk UMKM dan PKL.

Awi berharap, kegiatan sedekah bumi juga memperkuat pelaku-pelaku UMKM dan seni budaya tradisional. Demikian juga, bisa digelar wisata budaya.

“Kami perkuat sektor UMKM dan seni budaya. Klop dengan program pemerintahan Walikota Eri Cahyadi untuk pemulihan ekonomi. Kekuatan-kekuatan ekonomi rakyat kami gerakkan untuk tumbuh dan kuat lagi, setelah dua tahun lesu akibat pandemi Covid-19,” kata Awi. (pur)

baca juga :

Tampil Muda dengan Fat Graft

Siap Hadapi PSM, Persikabo Fokus Recovery Pemain

Redaksi Global News

Tingkatkan Produktivitas, Gubernur Jatim Minta Petani Tebu dan PG Jalin Konsolidasi

Redaksi Global News