Global-News.co.id
Metro Raya Nasional Utama

Cak Ji: Gelorakan Nasionalisme dengan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih

Wakil Walikota Surabaya Armuji

SURABAYA (global-news.co.id) – Wakil Walikota (Wawali) Surabaya Armuji mengajak masyarakat setempat menggelorakan semangat nasionalisme dengan menyukseskan Gerakan 10 juta bendera merah putih.

“Mari gelorakan semangat kebangsaan. Saya juga mengimbau agar seluruh warga Surabaya mengibarkan bendera Merah Putih menyambut peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI,” kata Wawali Armuji, Senin (31/7/2023).

Diketahui dalam Surat Edaran (SE) Surat Edaran (SE) dari Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) Nomor B-532/M/S/TU.00.04/06/2023 tanggal 13 Juni 2023 disebutkan, masyarakat diminta menyemarakkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI dengan dekorasi, umbul-umbul, hingga pemasangan bendera merah putih.

Untuk itu, kata dia, imbauan tersebut sudah disampaikan kepada jajaran di Pemkot Surabaya melalui SE Sekretaris (Sekda) Daerah Kota Surabaya Nomor 400.14.1.1/15547/436.8.6/2023 pada 19 Juli 2023. Surat itu ditujukan kepada jajaran PD, camat, lurah, RT/RW, di seluruh Kota Surabaya.

Wawali juga meminta agar kampung-kampung juga dihias dengan ornamen merah putih secara bergotong royong oleh warga. Selain itu, menggalakkan kembali lomba-lomba kampung untuk mempererat kesetiakawanan sosial antarwarga Surabaya.

“Bersyukur tahun ini bisa menyambut peringatan kemerdekaan dengan semarak. Ini merupakan bentuk penghargaan kepada para pejuang dan pendiri bangsa dengan terus mengobarkan semangat Bhinneka Tunggal Ika,” kata Cak Ji, panggilan akrabnya.

HUT RI tahun ini mengusung tema yang diusung adalah “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Untuk itu, Sekneg menyediakan logo untuk dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, hingga baliho. Semua itu bisa diunduh melalui laman www.setneg.go.id.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya Maria Theresia Ekawati Rahayu sebelumnya menyampaikan, di tahun 2023 Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga berpartisipasi dalam gerakan 10 juta bendera yang akan dibagikan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Oleh sebab itu, kata dia, Pemkot Surabaya menindaklanjuti gerakkan tersebut dengan membagikan bendera merah putih mulai dari 1 Juni 2023.

“Pada 1 Juni 2023, Pak Wali Kota (Eri Cahyadi) secara simbolis menyerahkan bendera kepada forum LPMK, FKUB, hingga Forum Pembauran Kebangsaan. Kemudian, dari masing-masing PD juga sudah mengumpulkan bendera, termasuk kelurahan dan kecamatan untuk dibagikan,” ujarnya. (pur)

baca juga :

Wagub Emil Ajak Perajin Batik Wujudkan Industri Hijau

Titis Global News

Dinkes Jatim Kembali Distribusikan Vaksin Covid-19 Sinovac ke Surabaya Raya

Redaksi Global News

Pertamina Peduli Turun Langsung ke Pulau-pulau di Nusa Tenggara Timur

Titis Global News