Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Koperasi dan UKM Utama

Jembatani Diaspora, BNI Sukses Bawa UMKM Sidoarjo Ekspor Keripik Singkong ke Belanda

BNI proaktif mengantarkan pelaku UMKM guna mengembangkan bisnisnya menembus pasar internasional 

JAKARTA (global-news.co.id) – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI proaktif mengantarkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan bisnisnya menembus pasar internasional.

Melalui BNI Xpora, UMKM asal Sidoarjo, Jawa Timur, PT Indorasa Utama, berhasil mengekspor 1 container berukuran 40 feet yang berisikan 1.360 box produk snack olahan singkong ke Rotterdam, Belanda. Selain itu juga terdapat 400 box snack produk olahan teri dan 2.800 box produk olahan bawang ke negara yang sama.

Pengiriman perdana ini merupakan hasil business matching yang dijembatani BNI Xpora, antara PT Indorasa Utama di Sidoarjo dengan Diaspora Buyer Ben Helen Trading yang merupakan anggota Asosiasi Pengusaha Indonesia (ASPINA) di Amsterdam, Belanda.

Acara serah terima produk UMKM tersebut dilakukan di Daxel Warehousing, Rotterdam, Netherland, akhir Januari 2024.

Hadir dalam acara Wakil Duta Besar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag Freddy Martin Panggabean, Atase Perdagangan Sabbat Christian Jannes Sirait, Anggota Presidium Asosiasi Pengusaha Indonesia (ASPINA) Belanda Lubis, Head of Amsterdam Office BNI Amsterdam Dwi Wibowo, serta Benny dan Helen dari Ben Helen Trading Belanda.

Dalam keterangannya, Direktur Retail Banking BNI Putrama Wahju Setyawan mengatakan, upaya perseroan dalam menjembatani para pelaku UMKM dan diaspora di Belanda kini menunjukkan hasil yang nyata. Hal ini membuktikan bahwa produk-produk UMKM Indonesia memiliki kualitas yang mumpuni sehingga diminati di pasar global.

“Ini adalah hasil business matching yang telah kita arrange di tanggal 10 Juli 2023 secara daring dan kita berhasil mewujudkannya. Semoga ini menjadi awal yang baik,” ujarnya.

Putrama menjelaskan, proses business matching tersebut dilakukan melalui tahapan yang panjang, dari mulai pembahasan spesifikasi produk, packaging, kirim sampel produk, penentuan harga produk, dan pembahasan sales contract untuk kerjasama jangka panjang, hingga akhirnya pengiriman dilakukan pada tanggal 13 November 2023 melalui pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dan tiba di Rotterdam pada Senin, 22 Januari 2024. Ben Helen Trading akan mendistribusikan produknya melalui beberapa toko Asia yang ada di sekitar Belanda.

Putrama menambahkan, melalui BNI Xpora, perseroan mendukung peningkatan potensi UMKM Indonesia agar dapat mengembangkan bisnisnya menuju UMKM GO Productive, Go Digital, dan Go Global. Tak hanya itu, melalui channel tersebut, BNI siap melayani para diaspora Indonesia yang berprofesi sebagai pengusaha di luar negeri untuk menemukan potential supplier di Indonesia.

“Semoga semakin banyak produk-produk lokal Indonesia bisa go global, sehingga para pelaku UMKM bisa naik kelas,” pungkasnya. (jef)

baca juga :

Pilkada Mojokerto, IKBAR Tumbangkan Petahana

Redaksi Global News

Transaksi Electronic Data Capture BNI Lebih Rp50 Triliun

Redaksi Global News

Badrut Tamam Mengajak Pengurus PPI Menjadi Generasi Pilihan

gas