Global-News.co.id
Politik Sport Utama

Bio Paulin, Eks Pemain Naturalisasi Pertama Yang Jadi Caleg 2024

Mantan pesepakbola Bio Paulin maju sebagai calon legislatif di dapil IV Jayapura

JAKARTA (global-news.co.id) – Mantan pemain Persipura Jayapura dan Timnas Indonesia Bio Paulin Pierre masuk ke dalam daftar calon anggota legislatif atau caleg pada Pemilu 2024.

Bio Paulin merupakan pesepakbola yang lahir di Nanga Eboko, Kamerun, pada 15 April 1984. Di awal 2000-an kariernya dimulai di Kamerun bersama Achille FC.

Ia sempat merantau ke Prancis untuk bergabung dengan RC Lens B pada 2002. Kemudian dua tahun berselang kembali ke Kamerun bersama Union Douala selama satu musim dan kembali ke Achille FC pada 2005.

Mitra Kukar FC adalah klub Indonesia pertama yang mendatangkan Bio Paulin. Namun dirinya hanya bertahan selama enam bulan di sana dari Juli 2006.

Perjalanannya berlanjut ke Persipura Jayapura pada awal 2007. Ia jadi salah satu pemain penting Mutiara Hitam selama 10 tahun.

Ia pernah merasakan tiga gelar juara level tertinggi Liga Indonesia pada 2008/2009, 20010/2011, dan 2013. Duetnya dengan Victor Igbonefo sebagai bek tengah jadi salah satu yang paling ikonik di Indonesia.

Duet Bio Paulin dan Victor Igbonefo sempat hadir pula di Timnas Indonesia. Ini tak lepas dari status naturalisasi yang didapatkan Bio Paulin pada 2015 lalu.

Bio Paulin mencatat debut bersama Timnas Indonesia pada Maret 2015 pada sebuah laga uji coba lawan Myanmar. Ia mencatat satu pertandingan bersama skuad Garuda.

Kemudian perjalanan Bio Paulin di Persipura berakhir ketika Sriwijaya merekrutnya untuk Liga 1 2017. Ia bertahan di sana selama kurang lebih dua musim hingga akhirnya Sriwijaya FC terdegradasi ke Liga 2 pada musim 2018.

Bio Paulin sempat berseragam klub Liga 3, PSGC Ciamis pada 2019. Ia kemudian menyatakan pensiun pada 2020 lalu.

Selepas pensiun, Bio Paulin sempat kembai ke Persipura sebagai asisten pelatih pada musim lalu. Namun seiring dengan berhentinya Liga 2 setelah Tragedi Kanjuruhan, dirinya tak melanjutkan peran di pinggir lapangan.

Nama Bio Paulin kembali mencuat ketika namanya tercatat sebagai caleg DPRD Kota Jayapura. Ia bergabung dengan Partai Gerindra.

Pada Pemilu 2024, Bio Paulin maju sebagai calon legislatif untuk pemilihan anggota DPRD Kota Jayapura Daerah Pemilihan (Dapil) 4 untuk wilayah Abepura. (cnn, ins)

baca juga :

Dengan Beberapa Kriteria, Warga Miskin Surabaya Dapat Air PDAM Gratis

Redaksi Global News

Anggaran Dipotong dan Ingkar Janji, MPR Minta Jokowi Pecat Sri Mulyani

Redaksi Global News

Pelindo III dan Dirjen Pajak Kolaborasi Integrasi Data Perpajakan