Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Kemenkeu Jatim Gandeng Kapolda Jatim Amankan Penerimaan Negara

SURABAYA (global-news.co.id) – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Timur III, Farid Bachtiar, bersama seluruh pimpinan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Jawa Timur, melakukan kunjungan ke Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur , dalam upaya membangun kerja sama lintas sektor guna meningkatkan kinerja di sektor keuangan dan non keuangan, Jumat (12/1/2024).

Kerja sama ini juga diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan sektor keuangan dan perekonomian di Jawa Timur.

Farid Bachtiar menyatakan, kerja sama ini merupakan langkah strategis untuk menciptakan sinergi antarlembaga dalam menjaga keamanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu, kolaborasi Kemenkeu Jawa Timur dan Polda Jawa Timur tentu akan memudahkan upaya kami dalam meningkatkan penerimaan negara dan memajukan sektor ekonomi Jawa Timur,” ujar Farid Bachtiar.

Farid juga menyatakan kesiapannya untuk memberikan pelatihan teknis terkait pajak kepada Polda Jawa Timur jika diperlukan. “Kementerian Keuangan memiliki Balai Diklat Keuangan yang bertugas memberikan pelatihan dan pendidikan di bidang keuangan negara. Jika lingkungan Polda Jawa Timur membutuhkan pelatihan teknis terkait pajak instansi pemerintah, maka kami selalu siap bekerja sama dan memfasilitasi agar kita bisa bersama-sama meningkatkan kepatuhan pajak khususnya dari sektor instansi pemerintah,” tambah Farid.

Selama pertemuan berlangsung, Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Timur, Taukhid, juga menyampaikan apresiasinya terhadap peran Polda Jawa Timur terhadap pelaksanaan tugas Kementerian Keuangan Jawa Timur. “Alhamdulillah capaian penerimaan negara di Jawa Timur tumbuh positif, terutama dari sektor pajak. Ini mencerminkan sinergi yang baik antara Kementerian Keuangan dan berbagai pihak termasuk Polda Jawa Timur dalam menjaga stabilitas keuangan dan meningkatkan pendapatan negara,” ujar Taukhid.

Menanggapi kunjungan dari Kementerian Keuangan Jawa Timur, Kepala Polda Jawa Timur Imam Sugianto menyatakan keterbukaannya terhadap komunikasi yang intensif, khususnya dengan Bea Cukai dan Direktorat Jenderal Pajak. “Kami berkomitmen untuk menjaga kondisi keamanan yang kondusif di Jawa Timur. Selain itu, kami juga sangat terbuka terhadap komunikasi yang dilakukan secara intensif dengan Kementerian Keuangan secara umum, terutama dengan bea cukai dan pajak untuk memberikan dukungan penuh
terhadap pengamanan penerimaan negara,” tuturnya.

Di akhir pertemuan, Kepala Kanwil DJP Jawa Timur III Farid Bachtiar mengukuhkan Kepala Polda Jawa Timur Imam Sugianto sebagai Relawan Pajak. Relawan Pajak adalah suatu program dari DJP dalam rangka edukasi perpajakan yang melibatkan pihak ketiga, salah satunya pejabat publik. (*)

baca juga :

Hindari PHK, Pemerintah Berikan 7 Insentif bagi Industri Media

Redaksi Global News

Peringatan Hari Guru Nasional 2020, Risma Beri Penghargaan ke Pengajar dan Siswa

Redaksi Global News

Duta Trantibum Bantu Penanganan Masalah Pelajar Surabaya

Redaksi Global News