Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Gaya Hidup Utama

Program Pembinaan UMKM Pertamina Kembali Raih Penghargaan

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi menghadiri ajang Batik Fashion Fair (BFF) di Exhibition Hall Grand City Surabaya

SURABAYA (global-news.co.id) – Program Pembinaan UMKM Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus kembali ‘naik panggung’. Kali ini penghargaan diraih sebagai stan terbaik dalam ajang Batik Fashion Fair (BFF) yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada 15-19 November 2023 di Exhibition Hall Grand City Surabaya. Penghargaan diserahkan langsung Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jatim Dr Ir Iwan Shut, MM.

Ajang yang merupakan seri dari Batik Bordir Aksesoris Fair ini dibuka langsung oleh Arumi Emil Dardak yang juga Ketua Dekranasda Provinsi Jatim. Tak kurang 150 peserta ambil bagian menempati 120 stan pada even ini. Arumi dalam sambutannya mengatakan bahwa UMKM merupakan salah satu sektor penting penunjang ekonomi Jawa Timur. “Kondisi makro ekonomi Jawa Timur ditentukan oleh supply five salah satunya perdagangan / UMKM,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (21/11/2023).

Penghargaan ini merupakan raihan kelima selama Tahun 2023, setelah sebelumnya torehan dicatatkan pada ajang Great Expo, K-UKM Expo, Bali Interfood dan Jatim Fest pada kategori yang sama. Pada pameran ini, Pertamina mengenalkan empat UMKM binaan unggulannya yakni Batik Sumber Arafat, Shine Polaris, Zana Batik Madura dan CV Berkah.

Pemilik Shine Polaris, Siti Masroah mengungkapkan model pemilihan mitra binaan yang ikut pameran bergiliran, sehingga ia sangat menanti-nanti diajak oleh Pertamina karena hasil penjualannya lumayan karena didukung stand pameran yang selalu dapat penghargaan. “Kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya karna telah diberi kesempatan mengikuti skala pameran yang terus berkembang dari lokal ke regional,” ujar Siti.

Persana Annual Show 2023
Secara terpisah di hari dan tempat yang sama Pertamina juga melaksanakan pagelaran busana kolaborasi dengan Perkumpulan Pengusaha Busana (Persana) Jawa Timur.

Kegiatan yang dihadiri oleh Rini Indriyani Eri Cahyadi ini diisi dengan pagelaran busana, pameran produk UMKM, lomba fashion anak dan gelar karya disabilitas Rumah Anak Prestasi Kota Surabaya. Kegiatan bersama disabilitas diinisiasi oleh Pertamina guna mendorong kampanye inklusifitas dalam produktivitas dimana karya disabilitas Rumah Anak Prestasi didorong ke dunia pasar melalui wadah pameran dan even yang diselenggarakan.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi menuturkan, program pembinaan UMKM Pertamina dirancang secara holistik. “Tidak hanya membesarkan UMKM itu sendiri namun, UMKM dirangsang untuk memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar salah satunya dalam hal inklusivitas,” ujar Ahad.

“Prestasi yang kita raih ini harapannya memacu kita untuk dapat menghadirkan yang lebih baik lagi untuk UMKM binaan kita yang tentunya menjadi penopang roda perekonomian daerah. Selain itu mengenalkan karya disabilitas di pasar akan terus jadi komitmen kita untuk membuka iklim inklusivitas dalam berusaha,” tutup Ahad. (tis, *)

baca juga :

Baznas Pamekasan Serahkan Bantuan Beasiswa Bagi Siswa SLTA

gas

Penalti Salah Menangkan Liverpool Atasi 10 Pemain Atletico

Redaksi Global News

Aji: Anak-anak Tidak Ada yang Dipersalahkan dari Pertandingan Ini

Redaksi Global News