Global-News.co.id
Madura Utama

Pj Bupati Pamekasan, Masrukin: ‘’Tergerus Dampak Medsos, Nilai-Nilai Pancasila Perlu Diingatkan Kembali”

Masrukin memberikan bingkisan pada veteran dan keluarga veteran pejuang.

PAMEKASAN (global-news.co.id) –Pj Bupati Pamekasan Masrukin S Sos MSi menegaskan bahwa memperingati Hari Kesaktian Pancasila adalah momentum untuk melihat atau meneladani kembali nilai-nilai Pancasila yang sudah menjadi ideologi negara Indonesia.

Selain itu, kata dia, peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga bermakna untuk mengingat jasa para pejuang dan pendiri negara kesatuan Republik Indonesia, yang sudah meletakkan dasar negara Pancasila sebagai nilai-nilai dasar untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

Masrukin mengatakan hal itu kepada wartawan usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 di Lapanga Nagara Bhakti, Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, Minggu (1/10/2023).

“Kita ingatkan kembali bahwa nilai-nilai luhur Pancasila harus kita tetap pertahankan, kita pelajari lagi, kita kembangkan lagi, kita ikuti dan implementasikan lagi dalam sendi sendi khidupan masyarakat maupun bernegara,” tandasnya.

Dia mengatakan saat ini pemahaman masyarakat terhadap nilai nilai Pancasila sudah mulai terimbas oleh dampak negatif medsos dan suasana kekinian, sehingga masyarakat utamanya kalangan generasi muda perlu diingatkan kembali bahwa nilai nilai luhur Pancasila tetap harus terpelihara.

Dengan mempelajari kembali dan menyemangati kembali akan nilai nilai luhur Pancasila, maka nilai nilai tersebut yang mungkin tiap tahun tergerus dan tererosi dengan suasana dinamika jaman, maka Pancasila akan kembali tetap menjadi fundamental dari norma kehidupan masyarakat Indonesia yang berbinneka tunggal ika.

Upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan tema ‘’Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju’’ di lapangan Nagara Bhakti Pamekasan dipimpin oleh Komandan Kodim 0826 Pamekasan Letkol Ubaidillah selaku inspektur upacara.

Tidak ada sambutan dari inspektur upacara dalam upara tersebut, kecuali hanya pembacaan Ikrar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila oleh Ketua DPR RI Dr Puan Maharini, yang dibacakan oleh Wakil Ketua DPRD Pamekasan Khairul Umam SH.
Selain Pj Bupati Pamekasan, tampak hadir mengikuti upacara tersebut antara lain anggota Forkopimda Pamekasan, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Pamekasan. Usai upacara dilakukan penyerahan bingkisan kepada keluarga veteran pejuang Kemerdekaan RI di Pamekasan. (mas)

baca juga :

FH Unair Sabet Peringkat Dua di Indonesia dalam “Law and Legal Studies” QS WUR 2021

Titis Global News

Warga Rungkut Demo, Fasilitas Umum Senilai Rp 800 Miliar Berubah Jadi Dealer

Titis Global News

Berkah Ramadhan Bersama 400 Veteran Surabaya

gas