Global-News.co.id
Sport Utama

Liga 1: Persebaya Kalah Telak di Kediri

Pemain Persebaya Sho Yamamoto dihalangi pemain Persik Kediri. (foto Persebaya)

KEDIRI (global-news.co.id) – Tim Persebaya Surabaya harus pulang dengan kepala tertunduk. Setelah menyerah empat gol tanpa balas atas tuan rumah Persik Kediri, Jumat (27/10/2023).

Tim berjuluk Bajul Ijo itu dikejutkan dengan gol cepat di awal babak pertama. Ady Eko melepaskan tembakan yang akhirnya mebentur Song Ui-Young. Bola yang berbelok gagal dihalau Ernando Ari. Persik unggul satu gol.

Misi bangkit Persebaya dipersulit dengan diusirnya Reva Adi di menit ke-54. Ia mendapatkan kartu kuning kedua setelah melanggar pemain Persik yang akan melakukan counter attack.

Selang delapan menit kemudian Persik menambah keunggulan. Song mencetak gol bunuh diri lewat sundulan.

Malapetaka Persebaya belum berakhir. Flavio Silva mencetak brace dalam jangka waktu lima menit.

Gol pertama Flavio dicetak menit ke-61. Sementara gol berikutnya dilesakkan pada menit ke-66.

Hingga wasit meniup peluit panjang Persebaya gagal membalas. Bajul Ijo takluk dari Macan Putih.

Dalam laga kali ini Persebaya mengusung misi bangkit saat melawat ke kandang Persik Kediri. Krisis pemain belakang membuat Bajul Ijo harus berusaha lebih keras. Hingga turun minum, Persebaya berhasil menahan agresivitas tuan rumah.

Krisis pemain belakang justru melecut Persebaya untuk bermain lebih menyerang di awal pertandingan. Paulo Victor sempat mengancam lewat solo run yang berhasil masuk ke dalam kotak penalti. Sayang bola terlalu deras untuk dikuasai dan peluang pun digagalkan penjaga gawang Persik.

Tuan rumah tidak ingin diam. Persik merespon dengan umpan-umpan silang. Salah satu yang berbahaya saat tendangan bebas Supri gagal diamankan Ernando Ari. Bola muntah jatuh di kaki Flavio Silva yang melanjutkan dengan sundulan ke gawang yang sudah kosong. Beruntung bola masih melayang di atas gawang Persebaya.

Pertandingan berjalan cukup seimbang di babak pertama. Penguasaan bola tidak berbeda jauh. 55 persen untuk Persebaya sementara sisanya dikuasai tuan rumah.

Persebaya mendapatkan peluang emas di menit ke-42. ketika Ze Valente mendapatkan ruang tembak dan melepaskan tendangan placing. Sayangnya bola hanya menemui pojok tiang gawang.

Prahara terjadi tepat di menit akhir babak pertama. Wasit Zetman Pangaribuan sempat menunjuk titik putih ketika Song Ui-Young dianggap menjatuhkan pemain Persik di kotak terlarang.

Pemain Persebaya meminta wasit mempertimbangkan penglihatan asisten wasit yang melihat kejadian dari sudut yang lebih baik. Dikarenakan tidak ada pelanggaran yang terjadi. Wasit pun berdiskusi dengan lines man. Hasilnya, penalti untuk Persik dianulir.

Protes lebih besar dilakukan tim Persik. Babak pertama sempat berhenti sekitar 12 menit. Namun akhirnya pertandingan dilanjutkan dan berakhir dengan skor 0-0 untuk babak pertama. (sba, ins)

 

 

baca juga :

Risma Sulap Lahan Eks-Insinerator Jadi Ruang Kreatif

Redaksi Global News

Dorong Pemulihan Ekonomi UMKM, Pemkot Surabaya Percantik Kawasan Jl Tunjungan

Redaksi Global News

Fokus Tugas Bupati, Badrut Tamam Ngaku Tak Terlibat dalam Pilpres

gas