Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

BNI Investor Daily Summit 2023, Dirut BNI Sebut Perbankan Indonesia Tangguh

JAKARTA (global-news.co.id) – Perbankan Indonesia diyakini dalam kondisi yang cukup tangguh di tengah tantangan kondisi perekonomian global yang belum stabil.

Hal tersebut terlihat dari sejarah perbankan Indonesia yang berhasil melalui berbagai krisis ekonomi dari tahun ke tahun.

Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Royke Tumilaar mengungkapkan, sisi permodalan yang kuat dan risk management yang baik menjadi modal utama perbankan Indonesia untuk mengantisipasi berbagai risiko ketidakpastian ekonomi global.

“Sektor perbankan Indonesia cukup tangguh karena sudah banyak melewati krisis sehingga kita sudah banyak belajar dan sudah sangat siap untuk menghadapi situasi ekonomi global saat ini,” ujarnya dalam acara BNI Investor Daily Summit 2023, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Royke menyampaikan Bank Indonesia (BI) telah menaikkan suku bunga acuan menjadi 6%, dan perbankan tidak serta-merta turut menaikkan suku bunga pinjaman.

Hal tersebut dikarenakan kemampuan perbankan dalam memproyeksi tren pergerakan suku bunga ke depan.

Perbankan juga memiliki kemampuan untuk terus menjaga kualitas kredit perbankan tetap di jalur yang aman.

“Suku bunga tinggi ini saya rasa bukan sekarang, masyarakat sudah tahu dari tahun lalu dari sejak krisis, sudah kelihatan. BI cukup lama menahan, tidak menaikkan. Tren suku bunga akan naik ini bukan suatu masalah karena sudah diantisipasi,” ucap Royke. (jef)

baca juga :

26 Agustus, Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 di Surabaya Capai 77,53 Persen

Redaksi Global News

Festival Akuatik Indonesia 2022: Jatim Sabet Juara Umum

Diterpa Angin Puting Beliung, Surabaya dan Sekitarnya Alami Gangguan Listrik

Redaksi Global News