Global-News.co.id
Madura Utama

Unira Ikuti Visiting Professor and Community Service di TGBC Thailand

Dr Pratana Srisuk Direktur TBGC bersama Dr Gazali MM saat penandatanganan MoA antara kedua kampus.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Dr H Gazali MM, Wakil Rektor II Universitas Madura (Unira) Pamekasan selama lima hari mulai Senin (7/8/2023) mengikuti Visiting Professor and Community Service di Thai Global Business Administration Technological College (TGBC) Thailand.

Selain Unira kegiatan ini juga diikuti oleh ITB Widya Gama Lumajang dan STAI Miftahul Ula Nglawak Kertosono Nganjuk. ITB Widya Gama Lumajang mengikutkan 16 orang meliputi Rektor dan 3 wakil rektor dan pejabat structural lainnya. Sementara dari STAI Miftahul Ula Nganjuk sama dengan Unira masing-masing mengirim 1 orang.

Gazali mengatakan Visiting Professor and Community Service di Thai Global Business Administration Technological College (TGBC) Thailand ini merupakan kegiatan mandiri dilakukan oleh tiga perguruan tinggi tersebut sebagai bagian dari kegiatan kampus merdeka dan indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi.
“Kegiatan ini sebelumnya juga dilakukan oleh perguruan tinggi lainnya di Jawa Timur di antaranya dari sejumlah Universitas Muhammadiyah yang ada di Jawa Timur. Itu semua sebagai bagian implementasi dari program dari kampus merdeka dan indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi,” katanya, Selasa (8/8/2023).

Hari pertama kunjungannya ke Tahiland, Senin (7/8/2023), kegiatan yang dilakukan berupa penandatanganan Memorandum Of Agrement (MoA) dengan TGBC Thailand, tentang Visiting Professor and Community Service (untuk dosen 1 minggu), lalu student exchange ( untuk mahasiswa 1 semester), short course (untuk mahasiswa 2 minggu) dan terakhir berupa Online Learning and Joint Research.

Penandatanganan MoA dilakuan Dr. Pratana Srisuk Director TGBC Thailand dengan Dr H Gazali MM dari Unira. Lalu penandatanganan serupa juga dilakukan oleh Dr Pranata Srisuk dengan pimpinann ITB Widya Gama Lumajang dan terakhir dengan pimpinan STAI Miftahul Ula Nganjuk.

Gazali yang kini juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Madura itu mengatakan sebelum dilakukan penandatanganan MoA di Tailand, di Unira Pamekasan pada 12 Juli lalu telah dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Dr. Pratana Srisuk Director TGBC Thailand dengan Rektor Unira Dr Faiasal Estu Yuliyanto MT.
“Tujuan dari Visiting Professor and Community Service adalah mencari pengalaman dan merasakan langsung atmosfer akademik yang berorientasi internasional bagi dosen. Lalu pertukaran informasi ilmiah, hasil riset, atau studi antara perguruan tinggi, “ ungkapnya.

Selain itu program kerjasama ini juga bertujuan untuk pengembangan dan penyediaan referensi ilmiah dan kerjasama akademik antara dosen dari institusi luar negeri, termasuk kerjasama dalam riset, penulisan artikel, jurnal, dan bidang lainnya. (mas)

 

baca juga :

Polresta Sidoarjo Lakukan Pengamanan Ibadah Kenaikan Isa Almasih

Redaksi Global News

Selama 2023, DLH Surabaya Jaring Ratusan Pelanggar Pembuangan Sampah

Redaksi Global News

Perkuat Sinergitas, TNI-Polri dan Pemda Gelar Apel Bersama

gas