Global-News.co.id
Madura Utama

Muhammadiyah Pamekasan Salat Idul Adha di 16 Titik, Potong Qurban 122 Sapi dan Kambing

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Pamekasan melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriyah di 16 titik, meliputi masjid binaan Muhammadiyah dan lapangan terbuka. Salat diikuti oleh ribuan warga Muhammadiyah dan umat Islam lainnya secara umum Rabu 28 Juni 2023 pagi.

Jumlah jamaah terbesar hadir melaksanakan salat Idul Adha di halaman kantor Bakorwil IV Pamekasan. Di lokasi ini tercatat sekitar 4.500 warga Muhammadiyah dan kaum muslimin lainnya. Di lokasi ini, khatib yang dihadirkan adalah KH Dr Fauzi Tijani MA, pengasuh PP Al-Amien Prenduan Sumenep.

Ketua PDM Pamekasan Asis Azhari MHI mengatakan lokasi pelaksanaan salat Idul Adha di masjid masjid binaan Muhammadiyah dan lapangan umum tersebar di 13 kecamatan se kabupaten Pamekasan. PD Muhammadiyah Pamekasan menugaskan khatib secara khusus untuk mengisi khutbah di lokasi salat tersebut.

“Pelaksanaan salat Idul Adha berjalan aman lancar dan tenang penuh khidmad. Utamanya di lokasi terbesar di halaman kantor Bakorwil IV Pamekasan. Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Bakorwil dan juga aparat Polres Pamekasan yang telah membantu mengatur dan mengamankan lalu lintas dilokasi salat,” katanya.

Sementara KH Dr Fauzi Tijani dalam khutbahnya menyampaikan tentang pelajaran penting yang harus diambil dalam perayaan Idul Adha, yaitu tentang kepemimpinan rumah tangga. Menurut dia baik tidaknya kepemimpinan rumah tangga akan berpengaruh pada kondisi kepemimpinan masyarakat bangsa dan negara.

Dalam napak tilas perjalanan hidup Nabi Ibrahim dengan putranya Nabi Ismail, kata dia, ada hikmah besar tentang pentingnya keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, lalu ketabahan dan kesabaran dalam melaksanakan perintah Allah dan yang paling penting adalah dialog atau kepemimpinan dalam rumah tangga.

“Dialog dan kepemimpinan dalam rumah tangga Nabi Ibrahim menggambarkan tentang metode berkomunikasi yang baik dalam mendidik anak dan keluarga. Sekalipun harus menjalankan perintah atau ujian yang sangat berat, namun bisa dijalankan dengan sabar tenang dan kepasrahan kepada Allah SWT,” katanya.

Pada Idul Adha 1444 Hijriyah kali ini, PD Muhammadiyah Pamekasan akan melakukan pemotongan hewan qurban sebanyak 122 ekor hewan qurban, rinciannya 34 ekor sapi dan sisanya berupa kambing. Pemotongan akan dilakukan mulai Kamis (29/6/2023). (mas)

baca juga :

Presiden Meresmikan Bendungan di Sultra dan Jateng

Redaksi Global News

Hasil Monitoring dan Evaluasi KPK, Pamekasan Bersih dari Korupsi

gas

Bupati Gus Muhdlor Lepas Jalan Sehat HKN 2022 Diikuti Kader Kesehatan dan Warga Sidoarjo

Redaksi Global News