Global-News.co.id
Sport Utama

Denmark Open: Fajar/Ryan Pastikan Tiket “All-Indonesia Final” Ganda Putra

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menciptakan All-Indonesian Final melawan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

JAKARTA (global-news.co.id) – Indonesia memastikan gelar juara ganda putra Denmark Open 2022 setelah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menciptakan All-Indonesian Final melawan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di turnamen bulutangkis tersebut.

Fajar/Rian menyusul senior mereka ke partai final seusai melewati hadangan pasangan Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dua gim langsung 21-16, 22-20 dalam laga semifinal di Odense, Sabtu (23/10/2022).

Dua kesalahan pukulan yang dilakukan Fajar mewarnai awal pertandingan, yang memberi peluang Ong/Teo untuk memimpin. Tertinggal hingga 5-8 membuat Fajar/Rian berusaha menambal kerugian tersebut, yang kemudian sukses meraih empat poin berturut-turut dan mengubah kedudukan menjadi 9-8.

Kedua pasangan masih terlibat adu teknik jelang jeda interval. Beruntung Fajar/Rian dapat menjaga keunggulan hingga akhir gim setelah memberikan tekanan yang merepotkan Ong/Teo.

Jelang akhir gim, pasangan Malaysia tak bisa mengendalikan pukulan sehingga kerap membuat kesalahan. Situasi kritis yang dialami Ong/Teo dimanfaatkan dengan baik oleh Fajar/Rian untuk menutup gim dengan kemenangan awal.

Situasi menegangkan berlangsung pada gim kedua. Fajar/Rian yang awalnya berpotensi gagal menang dua gim langsung akibat tertinggal hingga lima poin pada pertengahan gim, mendadak bermain lebih ngotot.

Fajar/Rian yang berada pada skor 12-17 sanggup menyamakan kedudukan menjadi 17-17. Setelahnya, pasangan Indonesia meningkatkan level permainan dan terus menghujani Ong/Teo dengan smes dan dropshot yang mengarah ke area tanpa penjagaan.

Fajar/Rian yang lebih dulu mencapai match point sempat diimbangi oleh Ong/Teo, namun beruntung dua poin penentu kemenangan sukses dipetik wakil Indonesia di menit ke-45.

Kemenangan ini tidak hanya memperpanjang daftar kemenangan Fajar/Rian atas Ong/Teo menjadi 6-2, tapi juga memastikan langkah mereka menyusul ganda putra peringkat tiga Kevin/Marcus ke partai puncak turnamen BWF Super 750 itu.

Pasangan berjuluk Minions itu sudah lebih dulu merebut tiket final setelah tampil maksimal menghadapi juara dunia 2022 Aaron Chia/Soh Wooi Yik lewat rubber game 21-17, 13-21, 21-17.

Sayangnya, All-Indonesian Final ganda putra itu juga sekaligus menjadi satu-satunya gelar yang akan dibawa pulang ke Tanah Air dari Denmark setelah wakil Merah Putih di nomor lain rontok satu per satu. (ntr, ins)

baca juga :

Malam Tahun Baru, BMKG Sebut Sejumlah Wilayah Jatim Berpotensi Hujan

Redaksi Global News

Emil Dardak jadi ‘Rebutan’ Poros Tengah dan Khofifah

Redaksi Global News

All England 2022, Indonesia Kirim 22 Pebulutangkis Senior-Junior

Redaksi Global News