Global-News.co.id
Madura Utama

Pelatihan 3.000 WUB Akan Dimulai Akhir Mei 2022

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Rencana Pemkab Pamekasan menggelar pelatihan Wira Usaha Baru (WUB) bagi 3.000 peserta baru akan segera direalisasikan. Hingga kini persiapan telah matang dan tinggal pelaksanaan saja. Menurut rencana kegiatan itu akan dimulai pada akhir bulan Mei 2022 mendatang.

Kepala DPMPTSP Nakretrans Supriyanto mengatakan pelaksanaan pelatihan bagi 3.000 peserta WUB baru itu akan dilakukan serentak di 13 kecamatan se Pamekasan. Di tiap kecamatan pelatihan akan digelar di satu desa tertentu. Pelaksanaan akan dilaksanakan selama 8 tahap, tiap tahapan jumlah pesertanya di 13 kecamatan mencapai 260 orang.

“Persiapannya sudah, tinggal kegiatannya. Pelaksanaannya akhir Mei mendatang, akan digelar serentak di 13 kecamatan se Pamekasan. Di tiap kecamatan dilaksanakan di satu desa. Tahap pertama ini ada 8 tahap. Jadi tahap pertama ini di 13 kecamatan satu paket dan tiap paket ini 20 peserta,” kata Supriyanto.

Dalam pelatihan tahap pertama ini, kata Supriyanto, materi pelatihan beragam sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan oleh para calon pengusaha baru tersebut. Beberapa materi pelatihan itu antara lain pelatihan untuk membatik, menjahit, bordir, service mobil, tata boga atau kuliner dan lain sebagainya.

“Satu tahapnya itu ada 13 paket, lainnya 10 sampai 11 paket. Yang sekarang ini 11 paket. Kegiatannya di tiap desa dilakukan selama satu hari. Misalnya pelatihan batik di desa mana, gitu nanti digelarnya di sana, misal Desa Pademawu di sana gitu, dan lain sebagainya, beda sesuai dengan kemauan para peserta pelatihan,” jelasnya.

Bagaimana dengan para pelatih yang akan didatangkan? Supriyanto mengatakan para pelatihnya berasal dari kecamatan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan materi pelatihan, juga ada yang berasal dari lembaga lembaga yang bergerak di bidang yang sesuai meteri pelatihan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Pemkab Pamekasan terus meningkatkan jumlah peserta pelatihan Wira Usaha Baru (WUB). Sejak digelar mulai tahun 2020 lalu hingga akhir tahun 2021 jumlah peserta pelatihan telah mencapai 3.010 orang pengusaha baru, dengan rincian tahun 2020 sebanyak 1.500 orang dan tahun 2021 sebanyak 1.600 orang.

Pada tahun 2022 ini Pemkab Pamekasan merencanakan melaksanakan pelatihan bagi 3.000 orang peserta pengusaha baru. Dengan demikian hingga akhir tahun 2022 nanti jumlah peserta pelatihan WIB akan mencapai 6.000 orang lebih.

Supriyanto menegaskan pada pelatihan tahun 2022 ini ada beberapa pelatihan yang termasuk jenis pelatihan baru, seperti pelatihan service kulkas dan aneka pelatihan kebutuhan calon peserta lainnya. Pemkab, kata Supriyanto, akan mengakomudir semua kebutuhan pelatihan para calon peserta.

Mulai tahun ini pula kata Supriyanto, Pemkab terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pengusaha di berbagai tempat untuk kebutuhan pendataan dan pelaksanaan pemagangan. Karena pasca mereka mengikuti pelathan para calon pengusaha nanti akan dilakukan pemagangan.

Sekalipun tahun ini serius untuk menggarap pelatihan baru bagi 3.000 calon pengusuaha baru, kata Supriyanto, pelaksanaan pembinaan bagi peserta WUB sebelumnya tetap jalan. (mas)

baca juga :

Bentrok Umat Hindu-Islam di India, 38 Tewas

Redaksi Global News

Aset Jumbo hingga Rp 114,40 Triliun, Mandiri Syariah Jadi Bank Islami Terbesar

Redaksi Global News

Raja’e : ‘Pamekasan Hebat’ Cita-Cita Menuju Baldatun Tayyibatun Warabbun Ghafur

gas