Global-News.co.id
Mataraman Utama

Pemkot Blitar Benahi Saluran Air Kawasan Jl Brantas

Dinas PUPR Kota Blitar melakukan perbaikan saluran air di beberapa titik, salah satunya di Jl Kali Brantas, mulai Selasa (17/5/2022)

BLITAR (global-news.co.id) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Blitar melakukan perbaikan saluran air di beberapa titik, salah satunya di Jl Kali Brantas, mulai Selasa (17/5/2022).

Kabid Bina Marga dan SDA, Dinas PUPR Kota Blitar, Joko Pratomo, mengatakan perbaikan ini dilakukan karena di lokasi tersebut sering terjadi luapan air saat musim penghujan tiba.

Selain debit air tinggi, luapan sering terjadi karena kondisi saluran kurang lebar. Oleh karena itu, dalam perbaikan ini saluran air akan dibuat lebih besar, dengan tinggi 1 cm dan lebar 90 cm.

“Yang dulu itu ukurannya cuma 70 cm x 60 cm, kemudian sampah yang menumpuk. Makanya saat hujan selalu meluber. Nanti kita akan berkoordinasi dengan Kecamatan, untuk menghimbau masyarakat tidak buang sampah sembarangan,” ujarnya saat dikonfirmasi Rabu (18/5/2022).

Ia menjelaskan, perbaikan ini, awalnya direncanakan sebelum Lebaran. Namun karena khawatir mengganggu akses jalan, maka pengerjaannya dilakukan pasca Lebaran.

Menurutnya sesuai kontrak, perbaikan saluran air di Jl Kali Brantas akan memakan waktu selama 3 bulan dengan anggaran Rp 200 juta. “Sesuai kontrak 3 bulan. Tapi kalau cuaca mendukung, pengerjaannya bisa lebih cepat,” imbuhnya.

Selain Jl Kali Brantas, perbaikan saluran air juga dilakukan di sejumlah titik Kota Blitar seperti Jl Mawar, Kali Tempur Kelurahan Tanjungsari, dan lainnya. (ita, jtm)

baca juga :

Aturan Gowes Sudah Keluar, Yuk Intip Ketentuannya

Redaksi Global News

Lions-MS-YHMCHI Salurkan 200 Paket Sembako 

gas

19 Juli: Pasien Positif COVID-19 di Jatim 18.308 Orang dan Meninggal 1.414

Redaksi Global News