Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Walikota Eri Janjikan Warga Surabaya Urus BPJS di Kelurahan

Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, dalam sebuah kesempatan acara

SURABAYA (global-news.co.id) – Walikota Surabaya, Jawa Timur, Eri Cahyadi, menyatakan warga yang mengurus kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang tidak aktif lagi harusnya dilayani di kantor kelurahan.

“Harusnya di kantor kelurahan bisa. Jadi nanti kami adakan pelayanan di kelurahan,” kata Walikota Eri Cahyadi, Sabtu (27/8/2022).

Hal itu disampaikan Walikota Eri saat melakukan inspeksi ke Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya beberapa hari lalu. Saat itu, Eri bertemu dengan salah seorang warga yang sedang mengurus kartu BPJS Kesehatan yang sudah mati. Padalah kartu BPJS tersebut seharusnya bisa diurus di kelurahan.

Selain itu, Walikota Eri juga menampung keluhan Kader Surabaya Hebat (KSH) soal BPJS di aplikasi Sayang Warga.

Untuk itu, Eri menegaskan, data BPJS di aplikasi Sayang Warga itu tidak perlu lagi karena warga Surabaya ketika berobat cukup menggunakan KTP.

“Jadi tidak perlu didata lagi nomor BPJS-nya berapa, karena kami sudah kerja sama dengan BPJS. Sehingga, secara otomatis, yang sudah terdaftar otomatis kalau sudah terdata, ya datanya ketarik,” kata Eri.

Tidak hanya itu, Eri juga menilai, jajarannya di tingkat kecamatan dan kelurahan telah bekerja sama dengan baik dalam hal menilai status warganya yang benar-benar masuk kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) atau tidak.

“Jadi ada KSH yang masih bingung dengan pengisian status warga yang MBR dan bukan MBR. Untuk itu, camat, lurah dan KSH-nya saling kerja sama, ketika ada masalah MBR, langsung diisi datanya,” kata Eri.

Dia menambahkan, ketika warga, KSH dan pejabat Pemkot saling bekerja sama, bergotong royong dan peduli satu sama lain, maka Kota Surabaya akan sejahtera.

Untuk mempermudah pendataan, Eri menambahkan, akan mengadakan komputer di masing-masing balai RW dengan tujuan mempermudah KSH/RT/RW melakukan pendataan warga yang mengalami kesusahan atau kesulitan. (pur)

baca juga :

Biaya Pengobatan Ditanggung, Pemkot Surabaya Bantu Balita Kelainan Kelamin

Redaksi Global News

Jelang Migrasi TV Digital, Warga 9 Kabupaten di Jatim Dapat Bantuan STB

Redaksi Global News

Beruntungnya Punya Ronaldo, Timnas Portugal Menang Dramatis

Redaksi Global News