Global-News.co.id
Pendidikan TNI Utama

2.651 Anak TNI-Polri Raih Dana Pendidikan BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (kiri) berbincang-bincang dengan 2 putra – putri anggota Polri yang terpilih usai penyerahan bantuan pendidikan secara simbolis di Jakarta, Selasa (14/12).

JAKARTA (global-news.co.id) –
Kementerian Badan Usaha Milik Negara memberikan dukungan pendidikan perguruan tinggi bagi 2.651 putra/putri prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Langkah sosial ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan-perusahaan milik negara terhadap tanggung jawab bela negara yang dibebankan kepada anggota TNI-Polri. Dukungan dana pendidikan tersebut juga merupakan upaya BUMN untuk turut dalam meningkatkan kualitas generasi muda unggul melalui pendidikan.

Pada kesempatan Selasa (14/12) ini, beasiswa dalam bentuk tabungan pendidikan ini diberikan kepada putra-putri yang berasal dari keluarga Polri di 34 provinsi di Indonesia. Para mahasiswa tersebut merupakan putra-putri kandung anggota TNI dan Polri aktif dengan pangkat orangtua maksimal perwira pertama atau setingkat.

Beasiswa tersebut diserahkan secara simbolis oleh Menteri BUMN Erick Thohir kepada Kepala Polri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Gedung Ballroom Markas Besar Polri, Jakarta, Selasa (14/12) dalam seremoni yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ada 33 BUMN yang bersatu untuk menyelenggarakan Program Dukungan Pendidikan Perguruan Tinggi bagi Putra dan Putri Polri. Melalui program ini, sebanyak 876 putra dan putri anggota Polri yang terpilih memperoleh bantuan dana pendidikan.

Menteri BUMN Erick Thohir menuturkan program dukungan beasiswa pendidikan untuk putra-putri Polri ini merupakan bentuk kepedulian BUMN terhadap tanggung jawab bela negara yang dilaksanakan oleh Polri. Serta bentuk upaya bersama meningkatkan kekuatan dalam negeri melalui pendidikan yang berkualitas, sehingga dapat mewujudkan Indonesia yang merdeka berdaulat.

Dia pun menuturkan program beasiswa ini merupakan salah satu dari tiga fokus utama CSR BUMN yaitu pendidikan, lingkungan dan UMKM.

“Alhamdulillah, penyerahan beasiswa dukungan pendidikan tahun ini untuk putra-putri dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Kuota dukungan beasiswa pendidikan tahun 2021 ini 876 kuota, meningkat dari tahun 2020 lalu, yang hanya 607 kuota,” ujar Erick Thohir.

Dukungan BNI

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar, menyebutkan, melalui program ini, beasiswa diberikan kepada anak anggota TNI yang berdinas di Markas Besar TNI, TNI Angkatan Darat, Korp Pasukan Khusus (Kopassus), TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara, serta Markas Besar Polri.

BNI menyalurkan bantuan pendidikan kepada 203 mahasiswa dengan nilai Rp 1,01 miliar. “Ini merupakan bentuk kepedulian BUMN terhadap tanggung jawab bela negara yang dibebankan kepada anggota TNI dan Polri, sekaligus menjadi upaya BUMN dalam meningkatkan sumber daya manusia yang unggul melalui pendidikan,” ujarnya.

Saat ini, tercatat berbagai prestasi TNI dan Polri yang patut menjadi perhatian, yaitu prestasi tidak terkalahkan dalam lomba Army of Skill Arms at Meeting (AASAM) 10 kali berturut-turut (TNI). TNI juga konsisten dilibatkan PBB dalam berbagai misi dunia (TNI).

TNI pun masuk dalam 15 besar kekuatan militer terbesar di dunia (TNI). Indonesia menempati ranking 9 dari 142 negara teraman 2017 di dunia di atas Denmark, China, Belanda, hingga Jepang menurut versi survei Gallup (Polri). (jef)

baca juga :

Jatim Raih Predikat Provinsi Layak Anak, Gubernur Khofifah: Anak Investasi Bangsa

Titis Global News

BOR Covid-19 Jatim Turun di Saat Testing Semakin Masif

Titis Global News

1.463 Sapi Terjangkit, Penularan PMK di Magetan Meluas