Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Momentum Hari Pahlawan, Walikota Eri Pimpin Upacara hingga Tabur Bunga di TMP

Walikota Surabaya Eri Cahyadi bertindak sebagai inspektur upacara

SURABAYA (global-news.co.id) –
Pemkot Surabaya menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-76 di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Rabu (10/11). Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini dilakukan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi bertindak sebagai inspektur upacara. Turut hadir dalam upacara ini, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), jajaran Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemkot Surabaya, veteran hingga pekerja sosial masyarakat.

Dalam sambutannya, Walikota Eri Cahyadi membacakan amanat Menteri Sosial RI. Ia menyampaikan, pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang diperingati sebagai Hari Pahlawan harus dijadikan contoh. Yakni, tekad kuat dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan serta keterbatasan untuk mempertahankan kemerdekaan.

“Jiwa persatuan yang tidak menanyakan asal-usul dan semangat pantang menyerah inilah yang harus kita resapi dan lestarikan sebagai bangsa dalam menghadapi tantangan dan ancaman apapun,” kata Walikota Eri.

Di samping itu, ia menyebut, semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan semuanya untuk mengemban misi bersejarah. Yakni, mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. “Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021, Pahlawanku Inspirasiku,” katanya.

Indonesia mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Karena Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis.

Penyerahan piagam penghargaan oleh Walikota Eri Cahyadi kepada 79 penerima

“Tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi, serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah,” urainya.

Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan 2021 ini, Walikota Eri juga mengajak masyarakat menjadikan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi.

Mengakhiri sambutannya, Walikota Eri kembali mendorong seluruh masyarakat untuk kembali menyatukan tekad dan langkah secara aktif dalam membangun Indonesia. Khususnya untuk Kota Surabaya agar lebih baik ke depannya.

Di akhir upacara, kegiatan juga diisi dengan penyerahan piagam penghargaan oleh Walikota Eri Cahyadi kepada 79 penerima. Mereka terdiri dari jajaran di PD, TNI, Polri, Pengadilan, stakeholder, veteran hingga perorangan atas prestasi, partisipasi dan dedikasinya kepada Kota Surabaya.

Usai rangkaian upacara berakhir, Walikota bersama Forkopimda Kota Surabaya melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP), Jl Kusuma Bangsa Surabaya. (pur)

baca juga :

Jatim Assesment PPKM Level 2, Lamongan Level 1 Kab/Kota se-Jawa

Redaksi Global News

Virus Corona Menyebar di 34 Provinsi, 3.512 Orang Positif

Redaksi Global News

Pindahan Pedagang TPS Pasar Turi, Pemkot Surabaya Fasilitasi 3 Pick Up dan 1000 Karung

Redaksi Global News