Global-News.co.id
Sport Utama

Tujuh ASN Dispora Dampingi Atlet Peparnas Jatim ke Papua

ASN Dispora Jatim yang ikut mendampingi kontingen Peparnas Jatim

SURABAYA (global-news.co.id) – Sebanyak tujuh ASN Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Jatim, berstatus pelatih maupun pendamping atlet Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI/2021 Papua, yang akan berlangsung mulai Jumat (5/11). Upacara pembukaan Peparnas akan berlangsung di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Kadispora Jatim Supratomo, Rabu (3/11) mengatakan, pengiriman pendampingan dan pelatih untuk kontingen Peparnas XVI 2021 Papua permohonan dari NPCI Jatim. ASN Dispora Jatim yang ditugaskan memperkuat kontingen Peparnas Jawa Timur, meliputi Rukhan pelatih bulutangkis, Koko Pambudi Leksono pelatih bulutangkis, Supardi pelatih catur, R. Moch. Nurtjahja AR sebagai tenaga pendukung cabang olahraga, Erwin Heru Susanto, tenaga pendukung cabor, Nasrullah tenaga pendukung cabor dan Rusli tenaga pendukung cabor.

Sementara itu, Koko Pambudi Leksono pelatih bulutangkis Peparnas XVI Jatim mengatakan, pihaknya senang dipercaya menjadi pelatih bulutangkis Peparnas Jatim dan ada salah satu pemain yang baru saja meraih medali emas, yaitu Khalimatus Sadiyah alias Alim (22), atlet bulutangkis ganda putri yang sukses meraih medali emas di Paralimpiade Tokyo 2020.

Koko Pambudi Leksono, mantan pelatih bulutangkis PON Jatim dan juga pelatih Tontowi Achmad peraih medali Emas Olympic RIO Janeiro 2016 saat masih junior di Gresik menjelaskan, pada awal-awal melatih atlet disabililtas ini ada keunikan tersendiri saat melatih memberikan instruksi cara bermain dengan suara lantang tidak direspon.

Akhirnya pelatih disabilitas Rukan menyampaikan, kalau memberikan instruksi jangan dengan suara tapi dengan gerakan-gerakan tangan dan mulut, dan akhirnya Koko sadar beda cara melatihnya. “Ini yang membuat saya menyadari dan betapa harus telaten dan sabar melatih para atlet disabilitas,” ungkap dia.

Sedangkan, R. Moch. Nurtjahja A.R, sebagai pendamping yang juga kepala seksi olahraga paralimpik Dispora Jatim mengatakan, para atlet akan menjalani klasifikasi dan keabsahan sebelum mulai bertanding, di arena mulai 6 – 13 November 2021, sebanyak 1.985 atlet dari 34 provinsi akan bertanding dalam pesta olahraga tersebut.

Jumlah Kontingen Jatim pada Peparnas XVI sebanyak 114 orang, terbagi dalam atlet sebanyak 69 orang, Guide Atlet Disabilitas Netra 2 orang, Pelatih Cabor 22 orang, Manajer Cabor 10 orang, dan Extra Official 11 orang.

Papernas mempertandingkan 12 cabang olahraga dengan 602 nomor pertandingan. Cabang olahraga tersebut adalah angkat berat, atletik, boccia, bulutangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepakbola Cerebral Palsy, tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.

Kontingen Peparnas Jatim hanya mengikuti 10 Cabor, yaitu atletik, boccia, bulutangkis, catur, judo disabiltas netra, menembak, panahan, renang, sepakbola celebal palsy dan tenis meja dan targetnya yaitu memperbaiki peringkat.

Dia menambahkan, ada yang membanggakan juga dalam Peparnas XVI kali ini, beberapa atlet muda yang turut memperkuat even nasional hasil binaan ASN (pelatih) Dispora Jatim, antara lain Khalimatus Sa’diyah, Ryan Arda Diarta, Eka Puspita Anggraini, Sholikatun, Revalina Handayani, Firza Fathurrahman, Ilyas Rahman R, Diang Gusti Panghayom, Rivaldo Aldistyo, Qoshim Nurshiha. (kmf, jnr)

baca juga :

NasDem Tolak Lanjutkan Pembahasan RUU HIP, Fraksi PPP Dukung Maklumat MUI

Redaksi Global News

KPU Surabaya Gelar Coklit Data, DPRD Pastikan Tidak Ada Pemilih Selundupan

Redaksi Global News

Sempat Turun, Angka Kematian COVID-19 di Italia Kembali Meningkat

Redaksi Global News