Global-News.co.id
Nasional Utama

Kasus Kecelakaan Mobil Vanessa Angel, Sopir Ditetapkan sebagai Tersangka

Petugas mengevakuasi mobil yang ditumpangi artis Vanessa Angel dan keluarganya yang mengalami kecelakaan di tol. (foto: Antara)

SURABAYA (global-news.co.id) –
Tubagus Muhammad Joddy, sopir yang mengendarai mobil Vanessa Angel saat kecelakaan di Tol Jombang-Mojokerto, Kamis (4/11) lalu, ditetapkan sebagai tersangka.

Status tersangka itu termuat dalam Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) yang dikirimkan polisi ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jombang. SPDP kasus kecelakaan Vanessa ini diterima Kejari dari penyidik kepolisian, Rabu (10/11).

Hal itu diakui oleh Kepala Kejari Jombang, Imran. “Hari ini kami menerima SPDP. SPDP nomor 837. Sudah benar hari ini kita terima,” kata Imran.

Imran mengatakan, dalam SPDP itu sudah ada satu nama tersangka, yakni Tubagus Muhammad Joddy. Ia merupakan sopir mobil Vanessa Angel dan keluarganya.

“Sudah (ada tersangka), atas nama Tubagus Muhammad Joddy. Baru satu orang,” kata dia.

Dalam perkara itu, Tubagus Joddy disangkakan melanggar pasal 310 Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Namun ia belum dapat menyimpulkan penyebab kecelakaan apa karena kesengajaan atau kelalaian. Pihaknya akan mempelajari dulu berkas perkara itu.

“(Perkara) Undang-undang lalu lintas ya, pasal 310 ayat 2 dan ayat 4, untuk sementara ya,” kata Imran.

Setelah menerima SPDP, pihaknya kini tinggal menunggu berkas perkara untuk dipelajari lebih lanjut sesuai dengan kewenangannya. Imran juga telah menunjuk tiga orang jaksa, salah satu jaksa di antaranya Kasi Pidana Umum Achmad Jaya.

“Selanjutnya setelah SPDP, berarti kita menunggu berkas, berkas perkara untuk kita pelajari sesuai dengan kewenangan kita. Langsung kita tunjuk jaksanya ini. Saya tunjuk tiga orang. Pokoknya kita percayakan kepada jaksa untuk melakukan penelitian berkas,” ungkap Imran.

Pada Sabtu (6/11), Kasi Laka Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jatim Kompol Hendry Ferdinan Kennedy, mengatakan polisi telah memeriksa Joddy.

Kata Hendry, dalam pemeriksan Joddy mengakui bahwa ia sempat memainkan ponsel dan membuat Instagram Story saat menyetir mobil Pajero Sport bernomor polisi B 1264 BJU.

Penyidik juga telah menyita ponsel Joddy untuk diperiksa dan didalami secara forensik. Hal itu dilakukan untuk mencari bukti-bukti dalam insiden tersebut.

Kepada polisi, Joddy juga mengaku mengendarai mobil Mitsubishi Pajero Sport dengan kecepatan tinggi saat melintas di Tol Jombang KM 672.400. “Kalau dari interogasi awal dari sopir mengaku 120 kilometer per jam,” kata Hendry. (cnn, ins)

baca juga :

Bupati Ajak Gugus Tugas Bersatu Menangkan Perang Lawan Covid-19 

gas

Gubernur Khofifah Berbagi Strategi Percepat Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid-19 di Kampus IPDN Jatinangor

Titis Global News

Lawan Kotak Kosong, Putera Pramono Anung Kantongi 76,53 Persen Suara di Pilkada Kediri

Redaksi Global News