Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Pantura Utama

Berawal dari Hobi, Gitar Yudha Bernilai Rupiah

Produksi gitar Yudha dengan alat semi manual

BOJONEGORO (global-news.co.id) – Hobi bernilai ekonomi. Kira-kira begitulah gambaran sosok pemuda asal Desa Deru, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, membuat karya bernilai ekonomi tinggi. Dia boleh dikatakan mewujudkan pertumbuhan ekonomi berbasis desa,.

Sosok yang satu ini adalah Yudha Adi Prabowo. Ia menggeluti usaha pembuatan gitar custom sesuai permintaan pelanggan. Awalnya, usaha yang digeluti dari hobi bermain alat musik. Dari kebiasaan itu dia kemudian membuat gitar.

Yudha menuturkan bisnis pembuatan alat musi gitar ini dimulai tahun 2020, yang ia beri nama Raff Gitar. Kecintaannya pada alat musik serta pengalaman belajar dari luar kota guna memperdalam ilmu tentang struktur pembuatan gitar yang akhirnya mampu membuat alat musik petik tersebut.

“Saya melihat peminat alat musik di Bojonegoro semakin besar. Namun ketersediaan peralatan masih terbatas, maka saya mencoba memanfaatkan peluang itu untuk bisnis pembuatan gitar,” ucapnya.

Dengan model custom sesuai permintaan pelanggan, Yudha mempunyai pelayanan yang fleksibel. Yakni pelanggan dapat menentukan desain dan spesifikasi sesuai keinginan mereka. Walaupun dalam proses pembuatannya dilakukan secara semi manual, Yudha mampu menghasilkan 5 unit gitar custom dalam sebulan. “Untuk saat ini, proses pembuatan gitar saya kerjakan sendiri dengan alat semi manual,” tutur Yudha.

Dalam sebulan omzet yang didapatkan mencapai Rp 5 juta. Untuk kendala saat ini Yudha belum mampu memproduksi secara massal karena keterbatasan peralatan dan modal. Selain itu pemasarannya hanya memanfaatkan media sosial seperti di Facebook, IG, story Whatsapp dan lain-lain. “Sejauh ini, pemesanan gitar custom hingga Malang dan Kediri serta kota sekitar lainnya,” ujarnya.

Ia juga berharap, produk gitar custom miliknya semakin dikenal sampai kancah internasional. Ke depan ia berobsesi dapat menciptakan karya terbaik serta dapat menciptakan lapangan kerja di desanya.  Yang penasaran dengan produk Raff Gitar dapat menghubungi ke nomor whatsaap 081227045547 atau dapat mengunjungi alamat IG raff_guitar_bojonegoro , atau berkunjung  ke alamat Facebook Raff Guitars. (kmf, boe)

baca juga :

Buru Kemenangan Kandang Pertama

Redaksi Global News

Kenali Panduan Pembelajaran Daring yang Hemat

Redaksi Global News

Tutup Program RTLH, Gubernur Khofifah Siapkan Hunian Lebih Berkualitas Tahu Depan

Redaksi Global News