Global-News.co.id
Metro Raya Utama

HUT RI ke-76, Walikota Surabaya Imbau Warga Kibarkan Bendera Merah Putih Satu Tiang Penuh Selama Sebulan

Walikota Surabaya imbau warga kibarkan bendera Merah Putih satu tiang penuh selama sebulan.

SURABAYA (global-news.co.id) – Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengeluarkan surat imbauan dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021. Surat imbauan bernomor 003.1/8716/436.3.1/2021 itu ditandatangani langsung oleh Walikota Eri pada 29 Juli 2021.

Surat imbauan itu sudah disebarkan ke pimpinan lembaga atau instansi pemerintah,  Direksi BUMN dan BUMD, pimpinan organisasi politik/masyarakat/ profesi/ sosial/ pemuda/ perguruan tinggi, para pimpinan kantor swasta atau asosiasi pengusaha, para pimpinan media cetak, elektronik/travel/komunitas, dan juga para Ketua RW/RT se-Kota Surabaya.

Surat itu juga sudah dikirimkan kepada jajaran Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemkot Surabaya, baik camat dan lurah se Surabaya. Dalam surat imbauan tersebut, Walikota Eri meminta warga untuk berperan aktif dalam menyemarakkan peringatah HUT RI ke-76 ini.

Dalam surat tersebut, ada beberapa poin yang disampaikan oleh Walikota Eri. Pertama, ia mengimbau warga untuk melakukan kerja bakti. Namun, karena saat ini masih masa pandemi Covid-19, maka kegiatan kerja bakti di masing-masing lingkungan warga dapat dilakukan secara perorangan, kelompok dan instansional dengan cara membersihkan saluran-saluran air atau fasilitas umum (pedestrian), sekolahan, pertokoan, perkantoran swasta dan pemerintah, serta dilingkungan perumahan. “Tentunya, kegiatan kerja bakti ini harus dilakukan dengan melakukan protokol kesehatan,” kata Walikota Eri dalam surat imbauannya.

Selain itu, Walikota Eri juga mengimbau untuk menghias kota, di antaranya dengan menghias perkantoran, hotel, mal restoran, supermarket, tempat hiburan umum, kantor swasta, sekolah, lingkungan tempat tinggi. Diminta pula untuk memasang logo, mengecat kembali bangunan gedung, pagar, gapura yang sudah kusam.

Sedangkan bagi pemegang izin reklame diminta untuk membersihkan, mengecat dan menghias reklame-reklame yang berada di jembatan penyeberangan orang, bando jalan maupun yang berada di tempat titik–titik reklame yang telah ditentukan. Supa menghias kota ini terlihat lebih rapi dan tertib, maka pelaksanaannya dapat berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pemerintah Kota Surabaya di Jalan Menur No. 31 Surabaya.

“Saya juga mengimbau kepada warga untuk mengibarkan Bendera Merah Putih satu tiang penuh selama 1 bulan, mulai tanggal 1-31 Agustus 2021, pukul 06.00-18.00. Bagi warna bendera yang sudah mulai kusam, kami mohon untuk diganti baru,” tegasnya.

Di samping itu, Walikota Eri juga mengatakan guna menanamkan rasa nasionalisme dan nilai-nilai perjuangan bangsa serta cinta tanah air, maka warga diminta untuk memutarkan lagu-lagu perjuangan dan memakai PIN Merah Putih di dada sebelah kiri mulai tanggal 1-31 Agustus 2021.

“Kami juga meminta untuk melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih pada tanggal 17 Agustus 2021, pukul 08.00 diikuti oleh karyawan atau karyawati dengan tetap memenuhi protokol kesehatan,” imbuhnya.

Adapun tata cara upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 adalah pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, pembacaan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, Amanat Inspektur Upacara, dan yang terakhir doa bersama. “Sementara tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 ini adalah “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh ,“ pungkasnya. pur

baca juga :

Patuh Terapkan Protokol Kesehatan, Walikota Mojokerto Positif Covid-19

Redaksi Global News

Alat Bukti Kuat, Komdis PSSI Jatim Vonis Pelaku Suap Kompetisi Liga 3

Redaksi Global News

Sekitar 3.500 Anggota Ling Tien Kung Peringati HUT Ke-18 di AAL Bumimoro

gas