Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Acara Penyerahan Dokumen Adminduk dan Tali Asih bagi Keluarga Patriot KRI Nanggala 402 Banjir Air Mata

Penyerahan dokumen administrasi kependudukan (adminduk) dan tali asih bagi keluarga patriot KRI Nanggala 402 di lobby lantai 2 Balai Kota Surabaya, Senin (10/5/2021).

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemkot Surabaya terus menunjukkan simpati dan empatinya kepada keluarga patriot KRI Nanggala 402, terutama yang ber-KTP Surabaya. Salah satunya dengan menyerahkan dokumen administrasi kependudukan (adminduk) dan tali asih bagi keluarga patriot KRI Nanggala 402 di lobby lantai 2 Balai Kota Surabaya, Senin (10/5/2021).

Acara penyerahan dokumen adminduk itu pun sontak banjir air mata, tepatnya saat Walikota Surabaya Eri Cahyadi beserta istri dan Wakil Walikota Surabaya Armuji beserta jajaran Forpimda Surabaya, dan juga Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal menyerahkan dokumen-dokumen tersebut.

Saat prosesi penyerahan adminduk, Walikota Eri Cahyadi tak mampu membendung air matanya. Berkali-kali dia mengusap air matanya itu. Beberapa hadirin juga ikut menangis saat prosesi penyerahan adminduk dan juga tali asih. Pihak keluarga yang hadir pun tak kuasa menahan air matanya. Momen itu, sontak banjir air mata.

“Yang namanya manusia, kita pasti punya keluarga, ketika putera-puterinya masih kecil dan membutuhkan kasih sayang dari orangtuanya, ketika membutuhkan dekapan seorang ayah, ternyata itu tidak bisa. Saya bisa membayangkan bagaimana perasaan mereka,” katanya sambil mengusap air matanya.

Pada kesempatan itu, Walikota Eri menyampaikan bahwa pihak keluarga itu pasti membutuhkan sejumlah dokumen administrasi kependudukan, baik untuk kepengurusan ahli waris dan keperluan lainnya. Oleh karena itu, Pemkot Surabaya memberikan dokumen adminduk itu tanpa harus diminta atau diajukan oleh pihak keluarga patriot. “Jadi, pemkot memberikan kemudahan, kita selesaikan adminduknya dan kita berikan hari ini semuanya,” kata Eri seusai acara.

Menurutnya, ada 16 anggota keluarga patriot KRI Nanggala 402 yang hadir dan menerima dokumen adminduk itu. Masing-masing keluarga, mendapatkan dokumen adminduk berupa Akta Kematian, KK, dan KTP Istri. Sedangkan anak-anaknya mendapatkan tali asih berupa uang saku dalam buku tabungan. “Kami berharap, administrasi kependudukan yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk kepentingan keluarga. Tali asih kami juga semoga bermanfaat,” katanya.

Walikota Eri juga menyampaikan bahwa putera-puteri patriot KRI Nanggala 402 itu akan mendapatkan beasiswa dari Pemkot Surabaya, akan ditanggung biaya pendidikannya mulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga kuliah. Ia memastikan, komitmen untuk memberikan beasiswa dan mengawal pendidikan putera-puteri para patriot ini sudah disampaikannya sejak awal tragedi tenggelamnya KRI Nanggala 402 ini.

“Kenapa kami tanggung? Karena putera-puteri mereka harus hebat seperti kehebatan yang telah ditunjukkan oleh ayahnya. Jadi, anak-anaknya pun harus menjadi orang hebat. Pemerintah hadir untuk memastikan mereka menjadi orang-orang hebat dalam melanjutkan perjuangan orangtuanya dalam membela bangsa Indonesia ini,” tegasnya.

Di samping itu, Walikota Eri juga menyampaikan bahwa para orangtuanya atau istri patriot yang mau menggerakkan UMKM atau akan menjadi tenaga lainnya, termasuk di lingkungan pemkot, ia pun siap memfasilitasinya. Bahkan, ia juga memastikan akan memberikan modal, pendampingan pelatihan hingga pemasarannya hingga berjalan.

“Itulah yang dapat kami lakukan untuk membantu perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam menbela dan menjaga NKRI ini. Jadi, sekali lagi kami pastikan bahwa kami akan terus mendampingi keluarga patriot itu. Pemkot akan selalu hadir di tengah-tengah mereka,” tegasnya.

Sementara itu, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal mengaku sangat terharu dengan apa yang dilakukan oleh Walikota Surabaya beserta jajarannya. Makanya, mewakili pihak keluarga besar TNI Angkatan Laut dan atas nama keluarga patriot KRI Nanggala 402 pihaknya menyampaikan terima kasih banyak.

“Apresiasi yang tiada terhingga kepada Bapak Walikota dan jajarannya yang sudah memberikan empati, simpati dan perhatian bahkan kunjungan langsung ke rumah-rumah keluarga patriot. Saya speechless sampai tidak tahu apa yang mau kita sampaikan, tapi perhatiannya sungguh sangat luar biasa kepada keluarga patriot KRI Nanggala 402,” kata dia.

Oleh karena itu, ia meminta ibu-ibu para keluarga patriot untuk menerima apresiasi, empati dan simpati ini, sembari ia mengajak untuk selalu mendoakan Walikota Surabaya beserta jajarannya supaya diberikan kesehatan dan mampu memimpin Kota Surabaya semakin lebih baik lagi ke depannya. “Sekali lagi kami atas nama keluarga patriot mengucapkan terima kasih banyak. Atas nama angkatan laut kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya,” pungkasnya. pur

baca juga :

Pemkot Surabaya Semprotkan Larutan Organik di TPA Benowo untuk Cegah Bau

Redaksi Global News

Diduga Langgar Prokes Saat Bernyanyi di Pesta Pernikahan, Bupati Jember Minta Maaf

Redaksi Global News

SKG Siola-MERR Surabaya Raup Omzet Ratusan Juta per Bulan