Global-News.co.id
Madura Utama

Laboratorium Bersama, Institusi Riset Unira Untuk Pengembangan Madura

 

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Universitas Madura ( Unira) Pamekasan kini memiliki Laboratorium Bersama yang diresmikan penggunaannya oleh Ketua Yayasan Unira Pamekasan Drs Amiril MSi, Senin (13/5/2024 ) kemarin. Gedung megah lantai III ini dibangun di tengah- tengah kawasan kampus Unira Pamekasan.

Acara peresmian laboratorium ini dilakukan barsamaan dengan peringatan Dies Natalis Unira yang ke 46 dan halal bihalal bersama semua civitas akademika Unira, dosen dan karyawan baik yang masih aktif maupun yang telah memasuki masa purna tugas.

Peresmian laboratorium dan peringatan dies natalis ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Yayasan Unira Drs Amiril yang diberikan kepada Rektor Unira Dr Drs Ec Gazali MM, disaksikan oleh Ketua Dewan Pembina Unira Dr Kadarisman Sastrodiwirjo MSi.

Dalam rangkaian kegiatan halal bihalal dan peringatan dies natalis Unira yang ke 46, diberikan penghargaan dan tali asih kepada puluhan dosen maupun mantan karyawan Unira yang telah memasuki masa purna tugas.

Ketua Yayasan Unira Drs Amiril mengatakan Laboratorium Bersama ini harus dimanfaatkan secara optimal untuk pengembangan riset berbagai disiplin ilmu pengetahuan utamanya yang ada dalam fakultas yang dimiliki oleh Unira. Hingga kini universitas swasta tertua di Madura ini telah memiliki 6 fakultas dan 16 Program Studi.

“Selama ini berbagai fakultas di Unira telah berhasil melakukan berbagai hasil penelitian, namun itu belum lengkap karena ada masalah penting di Madura yang hingga kini Unira belum melakukan riset untuk itu, di antaranya masalah pertembakauan dan masalah garam,“ ungkapnya.

Laboratorium bersama yang dimiliki Unira ini, kata Amiril harus bisa menjawab persoalan komoditas, tata niaga hingga industry hasil tembakau dan garam di Madura. Sehingga keberadaan Unira bisa memberikan arti dan manfaat untuk pengembangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Madura.

Rektor Unira Dr Ec HM Gazali MM mengatakan Laboratorium Bersama ini akan menjadi motor penggerak dinamika kegiatan riset dan pengabdian masyarakat Unira. Di laboratorium ini tiap fakultas dan program studi yang ada didalamnya bisa melakukan pengembangan riset yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan masyarakat di Madura.(mas)

baca juga :

BNI Raih Tiga Penghargaan ESG

gas

Pemkot-Dewan Masih Tarik Ulur Soal Bansos Siswa SMA/SMK

Redaksi Global News

Ramadhan Segera Tiba, Ini Panduan Lengkap Beribadah di Bulan Suci dari Kemenag

gas