Global-News.co.id
Pendidikan Utama

Dukung Literasi Masyarakat, ‘Semesta Buku’ Hadirkan Jutaan Buku di 30 Kota

Masyarakat antusias memilih buku pameran Semesta Buku di Surabaya yang berlangsung hingga 3 Maret 2024.

SURABAYA (global-news.co.id) – Jutaan buku dengan berbagai tema dan genre ditampilkan Gramedia dalam Semesta Buku yang digelar di lebih dari 30 kota di 28 provinsi di Indonesia. Kegiatan pameran buku digelar sejak pertengahan Februari hingga 3 Maret ini merupakan komitmen dalam mengembangkan literasi masyarakat.

Publishing 1 Vice General Manager Gramedia, Andi Tarigan, mengatakan, penyelenggaraan Semesta Buku di 34 titik, dari Aceh hingga Jayapura dimaksudkan untuk membuka akses seluas-luasnya pada orang-orang dari anak-anak, remaja, hingga dewasa untuk menjumpai dan untuk memiliki buku. Diakui, akses buku saat ini masih sulit di beberapa daerah.

“Maka dari itu kita menciptakan Semesta Buku ke seluruh Nusantara untuk menjangkau masyarakat untuk setidaknya mencicipi buku terlebih dahulu agar dapat memajukan perjalanan literasi ke depannya,” ujar Andi dalam rilisnya Jumat (2/3/2024).

Menariknya, Semesta Buku ini berkolaborasi dengan 132 komunitas pada seluruh rangkaian kegiatannya. Mereka ini , secara bersama-sama menggiatkan virus membaca untuk memperluas akses literasi di Indonesia. Para pegiat komunitas, melalui jejaringnya, mengajak seluruh masyarakat untuk bisa hadir mengikuti kegiatan ini dan juga untuk mendapatkan buku berkualitas dengan harga terjangkau. Sehingga total pengunjung Semesta Buku hingga saat ini sudah mencapai hampir 200.000 orang.

“Tingginya jumlah kehadiran pengunjung, juga dapat disimpulkan masih tingginya minat baca di masyarakat, masih banyak yang peduli akan literasi di Indonesia. Dengan kegiatan ini, kami optimis akan semakin banyak orang yang terpapar buku dengan bermacam genre,” ungkapnya.
Pegiat literasi Wibowo, menyebut literasi Surabaya sudah menggeliat. Setidaknya ada 500 taman bacaan yang ada di balai-balai RW.

“Jadi untuk buku-buku sudah berserakan, yang harus di push itu strategi pendampingannya,” ujar pria yang aktif di Taman Bacaan Masyarakat Surabaya itu.

Sementara Sekjen TBM, Heni, menyebut, Semesta Buku ini bisa menjadi model ekosistem literasi yang selalu diharapkan tumbuh di taman bacaan.

Selain menampilkan jutaan buku dengan harga terjangkau, Semesta Buku juga menghadirkan program Semesta Berbagi sebagai wujud kepedulian dan kecintaan pada pengembangan literasi. Program Semesta Berbagi pada Semesta Buku bersama Bank BTN di Surabaya, telah menyumbangkan buku kepada 8 komunitas taman baca dan komunitas literasi senilai Rp 2,5 juta /komunitas. Harapannya, sumbangan ini bisa bermanfaat dan digunakan secara berkelanjutan oleh semua komunitas untuk meningkatkan literasi di lingkungan mereka.(ret)

 

baca juga :

Gubernur Khofifah Ucapkan Selamat Tahun Baru Imlek, Ajak Perkukuh Persatuan untuk Indonesia Maju

Redaksi Global News

Rumah Sakit Lapangan Tembak Mulai Beroperasi Sore Ini

Titis Global News

Walikota Eri Ajak Warga Nonton Bareng Film “Koesno”

Redaksi Global News