Global-News.co.id
Madura Utama

Dilengkapi Fasilitas Difabel, Menteri PUPR Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan

Menteri PUPR tandatangani prasasti peresmian Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir H Mochammad Basuki Hadimoeljono, Jumat (29/4/24), meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan. Gedung lantai II yang dibangun di atas lahan 501,2 m2 itu berada di Jalan R Abd. Asis Pamekasan.

Anggaran biaya pembangunan rumah susun Panti Asuhan Muhammmadiyah ini berasal dari bantuan Kementerian PUPR tahun anggaran 2023 sebesar Rp 5,2 miliar lebih. Dibangun lantai II dengan kapasitas hunian untuk 82 orang.

Peresmian Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan ini dihadiri Pj Bupati Pamekasan Masrukin bersama Forkopimda, Pj Sekdakab Pamekasan dan sejumlah pimpinan OPD terkait. Juga hadir Pengurus Daerah Muhmmadiyah dan Aisyah Pamekasan.

Dengan bantuan Rusun ini, maka di lingkungan Panti Asuhan Muhammadiyah telah memiliki tiga unit bangunan yang mewah. Selain di Jalan R Abd. Asis bangunan Panti Asuhan Muhammadiyah juga berada di Jalan Bahagia Pamekasan.
Di Jl. R Abd. Asis sendiri ada dua unit bangunan mewah milik Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan. Sebelumnya tiga tahun yang lalu Panti Asuhan Muhammadiyah juga dapat bantuan pembangunan gedung lantai II yang terdiri dari 10 kamar, bantuan dari Pemprov Jawa Timur.

Rusun bantuan Kementerian PUPR tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik, meubelair standart yang meliputi lemari es 2 pintu 40 unit, tempat tidur susun 40 unit. Juga disediakan meubeler untuk difabel yang terdiri dari lemari satu pintu 2 unit tempat tidur tunggal 2 unit.

Ada juga fasilitas bersama meliputi koridor, jalur braille bagi difabel dan alat pemadam kebakaran. Toilet 10 unit yang berada di lantai 1 dan 2. Lalu dilengkapi dengan wastafel 2 unit di lantai 1 dan 2 sisi kanan dan kiri bangunan. Kamar mandinya dilengkapi bilik shower 2 unit di lantai 1 dan 2 unit di lantai 2, serta tempat wuduh dua unit di lantai 1 dan 2 unit di lantai 2.

Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono berharap peresmian Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah pada saat bulan Ramadan ini membawa barakah untuk penggunanya. Dia juga berharap agar bangunan itu dimanfaatkan maksimal untuk kepentingan pembinaan para anak asuh Panti Asuhan Muhammadiyah.

Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pamekasan Drs Imam Santoso Msi mengucapkan terima kasih atas bantuan Rusun tersebut. Dia berharap gedung tersebut dapat meningkatkan semangat belajar dan prestasi bagi para anak asuhan Panti Asuhan Muhammadiyah tersebut.

“Dengan bantuan ini anak anak senang menempati bangunan megah, bisa meningkatkan prestasinya. Kapasitas bangunan rumah susun tersebut untuk 82 orang. Batasan minimal yang menempati sebanyak 64 orang. Alhamdulillah ketentuan 64 orang telah terpenuhi. Jadi kini yang sudah menempati rumah susun itu sebanyak 64 orang,” ungkapnya. (mas)

 

baca juga :

Porprov Jatim 2022, KONI Lumajang Pastikan Kesiapan Atlet

95 Kelurahan di Surabaya Nol Kasus Covid-19

Redaksi Global News

Basofi Sudirman Meninggal, Gubernur Jatim Instruksikan Bendera Setengah Tiang   

Redaksi Global News