Global-News.co.id
Nasional Utama

Ibadah Haji: Siagakan Petugas Bantu Jamaah Yang Kehilangan Alas Kaki

Terkait pelaksanaan ibadah haji, petugas disiagakan membantu jamaah yang kehilangan alas kaki di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah menyiagakan petugas untuk membantu anggota jamaah Indonesia yang kehilangan sandal saat menunaikan ibadah di Tanah Suci. Hal itu seperti diutarakan
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Husnul Maram, seperti dikutip dalam siaran pers yang diperoleh Selasa (6/6/2023).

Terkait pelaksanaan ibadah haji, dia mengimbau anggota jamaah Indonesia yang kehilangan sandal setelah beribadah di masjid segera melapor ke petugas haji yang ada di lingkungan masjid.

Petugas haji di lingkungan masjid, katanya, akan membantu anggota jamaah mendapatkan sandal pengganti dari Tim Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jamaah Haji (PKP3JH).

Dikatakan, Tim PKP3JH telah menyiapkan 500 pasang sandal untuk diberikan kepada anggota jamaah Indonesia yang kehilangan alas kaki seusai beribadah di masjid.

“Selama penyelenggaraan ibadah haji di Tanah Suci, tim PKP3JH berjaga dan bersiaga di wilayah Masjid Nabawi dan Masjidil Haram,” lanjut Husnul.

Ditambahkan, Tim PKP3JH telah membagikan setidaknya 47 pasang sandal kepada anggota jamaah yang melapor kehilangan alas kaki semasa berada di luar pemondokan.

Ia menjelaskan, sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, jamaah diberi informasi mengenai kondisi cuaca di Tanah Suci dan kiat-kiat menunaikan ibadah di sana.

“Orang Indonesia itu ‘kan kebiasaan lepas sandal dan ditinggalkan di depan masjid. Alhamdulillah, sudah banyak warga kita yang paham sehingga tidak meninggalkan sandalnya selama beribadah di Tanah Suci,” katanya.

Meski demikian, lanjutnya, petugas haji Indonesia sudah disiagakan di pintu-pintu masjid untuk mengingatkan agar jamaah Indonesia tidak meninggalkan sandal di depan masjid.

Selain itu, Husnul mengatakan, petugas dari Arab Saudi juga ada yang disiagakan untuk membagikan kantong plastik kepada jamaah haji di depan masjid.

Husnul mengatakan, jamaah haji selama berada di Tanah Suci dianjurkan mengenakan alas kaki saat berada di luar ruangan karena kaki bisa melepuh jika tidak memakai alas kaki semasa cuaca panas ini. (ara, ins)

baca juga :

Konferensi Pers Kali Pertama 2021, Bupati Magetan Beber Program Unggulan

Redaksi Global News

Menko Polhukam Wiranto Tekankan Pentingnya Pemimpin Perubahan

gas

Polisi Pastikan Santoso yang Tewas Ditembak

Redaksi Global News