Global-News.co.id
Politik Sport Utama

Tak Mau Terseret Isu Politik, Elemen Suporter Sepakat Menjaga Netralitas

JAKARTA (global-news.co.id) – Menjelang Pemilihan Umum yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024, pertarungan memperebutkan suara rakyat semakin kencang. Sepakbola sebagai olahraga terpopuler di tanah air pun turut menjadi komoditas yang coba dimanfaatkan oleh para kontestan politik.

Seperti yang terjadi baru-baru ini. Pada 1 Februari lalu, melansir sejumlah media nasonal, tim sukses salah satu paslon akan menghadirkan empat elemen suporter sepakbola terbesar di tanah air seperti Jakmania, Bobotoh, Bonek, dan Aremania.

Keempat elemen suporter ini diberitakan akan menghadiri kampanye akbar salah satu pasangan capres-cawapres yang akan berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS) pada 10 Februari 2024.

Kabar ini mendapat respon dari elemen suporter bersangkutan. Salah satunya kelompok suporter Persija. “Jakmania tidak terlibat kegiatan politik yang digagas pasangan mana pun. Jakmania yang ingin mendukung paslon capres, tidak diperkenankan membawa atribut Jakmania atau Jakmania itu sendiri,” kata Ketua Umum Jakmania, Diky Soemarno, seperti tertulis dalam akun Jakmania.

Hal senada diungkapkan kelompok suporter pendukung Persib, Bobotoh. “Bomber Pusat tidak berpihak kepada pasangan mana pun. Dalam hal dukung mendukung, Bomber hanya mendukung tim Persib Bandung dan timnas sepakbola Indonesia,” demikian pernyataan Mabes Bomber dalam rilis resminya.

Sebagai warga negara, siapa pun memang berhak mendukung calon pasangan capres-cawapres dalam kontestasi Pemilu 2024. Hanya saja, sebaiknya dukungan diberikan sebagai individu, dan tidak membawa embel-embel elemen suporter tertentu demi menjaga netralitas olahraga, khususnya sepakbola. (lib, spt)

baca juga :

Bhayangkara FC Tak Remehkan Persipura

Redaksi Global News

Ramadan Menyejukkan Suhu Politik

gas

SKK Migas Jabanusa Bersama Minarak Brantas Gas Tanam 100 Bibit Pohon diĀ  Kalidawir

Redaksi Global News