Global-News.co.id
Mataraman Utama

HPN 2024, Kapolres Madiun Kota Kunjungi Sekretariat PWI Madiun Raya

Kapolres Madiun Kota, AKBP. Agus Dwi Suryanto didampingi Pejabat Utama Polres Madiun Kota saat Hari Pers Nasional bersama Pengurus dan Anggota PWI Madiun Raya.

MADIUN (global-news.co.id) – Kapolres Madiun Kota bersama jajarannya mengunjungi Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Madiun Raya dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024 di Jalan Tirta Raya I Kota Madiun pada Jumat, 9 Februari 2024.

Kapolres Madiun Kota, AKBP. Agus Dwi Suryanto menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional semoga pers semakin baik dan maju.

Untuk itu, Kapolres mengatakan perlunya sinergi dengan insan media pers Madiun Kota dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). Mengingat, peranan media/pers sangat penting dalam hal penyampaian informasi pemberitaan dari segala aspek yang bisa diakses masyarakat.

“Dalam rangka Harkamtibmas, kami perlu membangun sinergi dengan semua media yang ada di Kota Madiun.” Ungkapnya.

Menurutnya, situasi kondisi menjelang Pemilu 2024 di Kota Madiun sangat kondusif. Hal ini tidak lepas dari peran serta semua masyarakat termasuk media pers. Kondusifitas wilayah tidak tergantung pada salah satu institusi saja. Perlu adanya profesionalisme kerjasama dari kita semua sehingga terwujud stabilitas Harkamtibmas.

Dia berharap media dapat menjadi corong yang bagus. Baik dalam bentuk narasi, audio maupun visual.

“Kondisi seperti inilah yang kami harapkan sehingga akan membawa situasi yang sejuk dan damai khususnya jelang dan selama Pemilu berlangsung.” harapnya.

Ketua PWI Madiun Raya, Siswo Widodo mengapresiasi kepada institusi Kepolisian khususnya jajaran Polres Madiun Kota yang berkenan mengunjungi Sekretariat PWI Madiun Raya.

“Mudah-mudahan hubungan baik antara Pers dengan Kepolisian terjaga dengan baik dan harmonis. Namun pers harus tetap kritis dalam batas-batas yang proporsional.” tutur Siswo.

Dia mengatakan momentum Hari Pers Nasional dengan pesta demokrasi Pemilu 2024 hampir bersamaan. Diharapkan, wartawan dalam menyampaikan informasi berita hendaklah sesuai dengan fakta. Tidak boleh menyampaikan berita bersifat opini apalagi berita bohong. Wartawan harus memahami dan menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“Insya Allah kalau wartawan memahami kode etik pasti akan memberikan sajian berita yang baik dan seimbang.” katanya.

Siswo mengapresiasi dan mendukung langkah PWI dalam membentuk Lembaga Masyarakat Pers Pemantau Pemilu (MAPPILU). Hal ini sebagai bentuk komitmen PWI dalam turut serta mensukseskan Pemilu. Dengan adanya Mappilu, diharapkan pelaksanaan Pemilu dapat berjalan aman, lancar dan damai.

“Sehingga masyarakat bahagia dalam melaksanakan pesta demokrasi Pemilu ini.” ungkapnya.

Dia berpesan kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dengan berita-berita yang belum tentu kebenarannya (hoax). Kadang informasi dari media sosial tanpa diteliti kebenarannya langsung dishare sehingga menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

“Carilah sumber informasi yang benar dan jangan mudah terprovokasi.” pungkasnya.

Diiformasikan, HPN tahun 2024 dilaksanakan secara sederhana. Kapolres Madiun Kota berkenan memotong tumpeng dan memberikan kepada Ketua PWI Madiun Raya yang disaksikan oleh jajaran Pejabat Utama Polres Madiun Kota dan segenap pengurus serta anggota PWI Madiun Raya.(her)

 

baca juga :

Angka Covid-19 Kembali Naik, Razia Vaksin dan Prokes Digencarkan

gas

Wawali Pastikan Layanan Pembayaran TOB di Suroboyo Bus Berjalan Lancar

Mengurus SIM Online Hanya 15 Menit

gas