Global-News.co.id
Mancanegara Utama

Erdogan Sebut PBB dan Barat Cuma Menonton Kejahatan Israel di Gaza

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (foto Reuters)

JAKARTA (global-news.co.id) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengkritik PBB dan negara-negara Barat karena hanya menyaksikan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan oleh Israel di Gaza selama 140 hari terakhir.

Erdogan menilai PBB dan negara-negara Barat seperti tidak berdaya mencegah tindakan brutal militer Israel terhadap warga Gaza yang tidak berdaya.

“Sudah sedemikian rupa sehingga Dewan Keamanan PBB tidak bisa. Mereka tidak bisa menyerukan gencatan senjata segera,” kecam Erdogan, berbicara pada pertemuan Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) di provinsi Sakarya, barat laut Türkiye, seperti dikutip Anadolu, Minggu (25/2/2024).

“Baik negara-negara Barat maupun Dewan Keamanan PBB tidak melakukan upaya yang berguna untuk mencegah kekerasan Israel,” ujarnya.

Israel telah menggempur Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh kelompok pejuang Hamas, yang menurut Tel Aviv menewaskan hampir 1.200 orang warga Israel.

Menurut PBB, agresi Israel di Gaza telah menyebabkan 85% penduduk wilayah tersebut mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara 60% infrastruktur di wilayah tersebut telah rusak atau hancur.

Untuk pertama kalinya sejak pembentukannya pada tahun 1948, Israel dituduh melakukan genosida atas agresi di Gaza oleh Mahkamah Internasional, badan peradilan tertinggi PBB.

Sampai Sabtu (24/2), korban tewas di Gaza akibat serangan brutal militer Israel telah mencapai 29.606 orang, di mana korban kebanyakan perempuan dan anak-anak. (cnn, ins)

baca juga :

Hadiri Sertijab, Gubernur Khofifah Minta Bupati Situbondo Percepat Akselerasi Pertumbuhan dan Pemerataan Ekonomi

Titis Global News

Piala Dunia: Kejutan Lagi, Jepang Tiru Saudi Menang 2-1 dari Jerman

Redaksi Global News

Sebulan Tangkap 6.035 Pelanggar e-Tilang

Redaksi Global News