Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Disbudporapar Pastikan “Parade Surabaya Juang” Masuk KEN 2024

Even Disbudporapar Pastikan “Parade Surabaya Juang” Masuk KEN 2024

SURABAYA (global-news.co.id) – Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya memastikan even “Parade Surabaya Juang” yang digelar untuk memperingati Hari Pahlawan masuk ke dalam “Karisma Even Nusantara” (KEN) tahun 2024.

“Ini menjadi pertama kalinya Parade Surabaya Juang menjadi agenda nasional,” kata Kepala Disbudporapar Kota Surabaya Hidayat Syah, Kamis (1/2/2024).

Terdaftarnya “Parade Juang” di KEN 2024 diumumkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI Sandiaga Uno, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, pada Sabtu (27/1).

Melalui acara itu, “Parade Surabaya Juang” menjadi satu dari 110 even se-Indonesia yang tercatat masuk KEN 2024.

Tercatatnya even untuk peringatan Hari Pahlawan itu menyusul “Festival Rujak Uleg” yang sebelumnya terdaftar di KEN 2023.

Hidayat menjelaskan proses registrasi “Parade Surabaya Juang” di KEN 2024 tak mudah dilakukan, sebab banyak proses yang harus dilalui, salah satunya presentasi di depan para juri profesional dan akademisi pada tahap seleksi tingkat provinsi.

Setelah dinyatakan lolos kurasi tingkat provinsi, “Parade Surabaya Juang” diajukan ke kementerian untuk menjalani tahapan serupa.

“Parade Surabaya Juang merupakan even identitas dari Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Pertempuran dan semangat heroik Arek-Arek Suroboyo saat itu dapat menjadi teladan pada generasi sekarang,” ujarnya.

“Even yang kami ajukan merupakan sebuah rangkaian kegiatan memperingati Hari Pahlawan yang bukan hanya kegiatan parade sebagai puncaknya, melainkan juga pre-event lain yang melibatkan berbagai pelaku ekonomi kreatif di Surabaya,” lanjutnya.

Dia menambahkan selama ini pelaksanaan “Parade Surabaya Juang” selalu melibatkan andil pelajar, mahasiswa, seniman, komunitas dan masyarakat di kota setempat.

“Ini menjadi sejarah untuk Kota Surabaya selama dua tahun berturut-turut tampil dalam agenda nasional dalam Karisma Event Nusantara, yakni Festival Rujak Uleg di tahun 202 dan kali ini Parade Surabaya Juang di tahun 2024,” tutur dia. (fan)

baca juga :

Pangdam V Brawijaya Berharap Kerjasama TNI-Pers Kian Erat

Redaksi Global News

Evakuasi Medis Awak KRI Nanggala-402 Disiapkan

Titis Global News

Kalah Game Online, Bapak Lampiaskan Emosi Hajar Anak

gas