Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Transparan Dalam Penyingkapan Laporan ESG, BNI Raih Penghargaan Investor Trust-BGK Foundation

JAKARTA (global-news.co.id) – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sebagai bank milik Negara konsisten dalam penyingkapan laporan Environmental Social Governance (ESG).

Penyingkapan laporan juga sejalan dengan implementasi ESG yang semakin progresif guna membantu pemerintah dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Adapun BNI mendapatkan penghargaan ESG Disclosure Transparency Award 2023 sebagai perusahaan dengan dengan predikat Management BB dari Investortrust dan Bumi Global Karbon Foundation.

Diketahui bahwa Bumi Global Karbon Foundation merupakan anggota dari Global Reporting Initiative (GRI), Task Force on Climate-related Financial Disclosure (TCFD) dan Partner Silver dari Carbon Disclosure Project (CDP) yang melaksanakan penilaian dengan metodologi yang menggunakan 33 faktor ESG berdasarkan faktor ESG pasar modal terkemuka, studi peraturan, perjanjian internasional, serta standar dan pedoman pelaporan yang juga telah melalui proses assurance oleh pihak ketiga independen.

Evaluasi terhadap pengungkapan ESG perlu dilakukan untuk mengukur sejauh mana transparansi ESG telah dicapai perusahaan dan langkah apa yang dapat dipraktikkan untuk meningkatkan pencapaian pengungkapan ESG.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan penghargaan ini semakin menunjukkan peran proaktif BNI sebagai bank BUMN dalam penerapan keuangan berkelanjutan di Indonesia.

BNI terus berupaya untuk mengimplementasikan aspek ESG melalui lima pilar keberlanjutan yaitu BNI untuk Indonesia, pelanggan, lingkungan, masyarakat, dan pegawai.

“Dengan berlandaskan pilar keberlanjutan BNI, kami percaya akan dapat mewujudkan ekonomi keberlanjutan dan masa depan yang lebih baik untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs,” kata Okki.

Sebagai salah satu first mover on sustainable finance di Indonesia, secara umum BNI telah melakukan upaya untuk menjaga kondisi lingkungan, mengendalikan emisi dan pengelolaan energi yang sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Kontribusi BNI secara langsung adalah dengan memberikan pembiayaan kepada sektor ramah lingkungan dan transisi energi, mendorong debitur untuk mulai melaksanakan prinsip-prinsip ESG serta meningkatkan kinerja lingkungan dan sosial.

“Kami berharap penghargaan ini akan membuat BNI semakin memperkuat upaya untuk penerapan keuangan berkelanjutan di Indonesia ke depannya,” katanya. (jef)

baca juga :

Harusnya Bisa Turun Rp 1.900/Liter, DPR Minta Pemerintah Turunkan Harga BBM

Redaksi Global News

P-APBD Surabaya Rp 8,9 Triliun Disahkan, Prioritas untuk Pemulihan Ekonomi

Redaksi Global News

Bantu Tangani COVID-19, Dewan Alihkan Anggaran Rp 26,4 Miliar ke Pemkot Surabaya

Redaksi Global News