Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Konsisten Lakukan Transformasi Digital, Bank Jatim Boyong Dua Penghargaan di Ajang TOP Digital Awards 2023

Penghargaan diterima oleh Direktur IT & Digital Bank Jatim Zulhelfi Abidin dan SEVP Consumer Banking Bank Jatim Hermita

JAKARTA (global-news.co.id) – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) berhasil dianugerahi dua penghargaan sekaligus di ajang TOP Digital Awards 2023 yang diadakan oleh Majalah IT Works. Dua penghargaan yang diraih tersebut yaitu sebagai Top Digital Implementation 2023 #star5 dan Top Leader on Digital Implementation 2023 yang diberikan kepada Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman. Bertempat di Hotel Raffles Jakarta, penghargaan diterima oleh Direktur IT & Digital Bank Jatim Zulhelfi Abidin dan SEVP Consumer Banking Bank Jatim Hermita, Senin (4/12/2023) malam.

Zulhelfi menjelaskan, Top Digital Implementation 2023 #star5 yang diberikan kepada Bank Jatim karena Bank Jatim dinilai memiliki tata Kelola TI (kebijakan, organisasi, penerapan sistem dan prosedur) yang luar biasa dan dijalankan secara konsisten dengan perbaikan yang berkesinambungan. Kemudian, Bank Jatim juga dianggap berhasil dalam hal implementasi teknologi digital dan penggunaannya sangat efektif di semua divisi/unit kerja sehingga berdampak signifikan terhadap kinerja, daya saing, dan layanan pelanggan/masyarakat.

”Kami memiliki infrastruktur pendukung teknologi digital yang telah disesuaikan dengan kebutuhan saat ini dan akan terus dikembangkan demi memberikan pelayanan yang terbaik untuk nasabah,” ungkapnya dikutip dari siaran pers yang diterima redaksi, Rabu (6/12/2023).

Keberhasilan Bank Jatim dalam meraih penghargaan ini tidak hanya menjadi sebuah pencapaian semata, tetapi juga menjadi momentum penting dalam memotivasi perbaikan terus-menerus. Tujuannya untuk mewujudkan sistem keuangan yang lebih inklusif dan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama Jawa Timur.

Menurut Zulhelfi, tidak dipungkiri saat ini teknologi digital memang menjadi kebutuhan utama di semua lini bisnis, termasuk perbankan. Maka dari itu, Bank Jatim terus melakukan berbagai inovasi dan transformasi untuk pengembangan teknologi digital dengan JConnect. ”Sekarang sudah ada JConnect PRO yang mempermudah calon nasabah membuka rekening secara online, JConnect Remittance untuk mengirimkan uang dalam bentuk valuta asing dari luar negeri ke dalam negeri atau sebaliknya, e-Loan, Jconnect Pemda, Jconnect UMKM, sampai Jconnect Corporate,” katanya.

Untuk JConnect sendiri, sampai dengan triwulan III 2023 berhasil mencetak pertumbuhan yang positif. Pengguna JConnect Mobile sudah mencapai 606.239 user atau tumbuh 30% (YoY). Sementara untuk jumlah transaksinya berada di angka Rp 3,3 triliun, naik 35% dibanding triwulan III 2022 (YoY). Selanjutnya, user JConnect IB Corporate berada di angka 7.934 atau naik 29% (YoY) dengan jumlah transaksi sebesar Rp 1,03 triliun. Kemudian, jumlah Agen Jatim sepanjang triwulan III 2023 sebesar 6.221 user atau tumbuh 112% (YoY) dengan jumlah transaksi Rp 9,3 miliar.

Merchant QRIS Bank Jatim sendiri sudah mencapai 111.651 user dengan jumlah transaksi sebesar Rp 51 miliar atau tumbuh 137% dibanding periode yang sama tahun lalu (YoY). JConnect Loan juga tumbuh positif dan telah digunakan untuk memproses 16.100 persetujuan kredit dari 21.400 permohonan kredit.

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat dan terus berkembang cepat, lanjut Zulhelfi, Bank Jatim memang dituntut untuk dapat mengikuti kemajuan teknologi di bidang perbankan guna memenuhi kebutuhan pelayanan bagi masyarakat, desa, dan pemerintah kabupaten. Oleh karena itu, Bank Jatim saat ini juga telah bekerja sama dengan masing-masing pemda/pemkot di Jawa Timur dalam hal fasilitasi pembayaran secara online. Seperti bayar pajak sudah bisa online, pengimplementasian BI-Fast, Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), e-samsat, hingga Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD).

”Perkembangan zaman yang semakin pesat ditambah kebiasaan masyarakat yang sudah beralih dari offline menjadi online, membuat perbankan harus siap menangkap peluang itu. Sehingga kami senantiasa akan terus melakukan berbagai pembaruan yang disesuaikan dengan kondisi zaman sekarang agar nasabah kami lebih mudah dan nyaman mengakses Bank Jatim dimanapun dan kapanpun,” tegas Zulhelfi.

Sementara itu, TOP DIGITAL Awards merupakan kegiatan penghargaan tahunan di bidang TI, Telco, dan Teknologi Digital yang paling komprehensif di Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai kementerian/lembaga, serta perusahaan bergengsi di Indonesia. (tis)

baca juga :

Kesaksian Habib Usman Pimpin Doa Jasad Eril: Masya Allah Wangi Banget

Pengurus Baru IPHI Jatim Dilantik, Wagub Emil Dardak Jadi Ketua IPHI Jatim Periode 2020-2025

Redaksi Global News

Skuad Persib Bandung, Kebugaran Cantanhede dan Rashid Masih Tertinggal

Redaksi Global News