Global-News.co.id
Madura Utama

Donasi Palestina Terus Mengalir, Tiga Komunitas Kembali Serahkan Dananya Melalui Baznas Pamekasan

Para reLawan yayasan Nurul Amal Pasean saat menyerahkan donasi di Baznas PAMEKASAN.

PAMEKASAN (global-news.co.id) –Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pamekasan terus mendapat kepercayaan masyarakat untuk menjadi penyalur bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina. Rabu ( 6/12/2023) dua komunitas pengumpul dana menyerahkan donasi untuk disampaikan pada saudaranya di Palestina.

Dua komunitas itu, pertama Yayaan Nurul Amal Pasean yang menyerahkan dana sebesar Rp 15.142.100. Lalu yang kedua dari karyawan Rumah Sakit Asy Syifa Pamekasan berjumlah Rp 1.905.000. Penyerahan dilakukan langsung di Kantor Baznas Pamekasan Jalan Ronggosukowati NO 14 Pamekasan.

Sebelumnya, komunitas Forum Silaturrahmi Ulama dan Tokoh Agama (Formiga) Pamekasan juga menyerahkan donasi sebesar Rp 8.730.000. Dana itu diantarkan langsung oleh KH. Mukhellis, Ketua Formiga Pamekasan. Hingga kini dana terkumpul sementara mencapai Rp. 25.777.100.

Pada akhir November lalu, Baznas Pamekasan telah menyerahkan bantuan donasi Palestina sebesar Rp 187 juta melalui Baznas RI di Jakarta. Dana itu merupakan hasil penggalangan dana yang dilakukan paguyuban kiai muda Pamekasan melalui kegiatan dakwah yang mereka lakukan di berbagai titik di Pamekasan.

Azhari Jaicing koordinator pengumpulan dana Yayasan Nurul Amal Paseran mengungkapkan pengumpulan dana dilakukan selama tiga hari di tiga desa, melalui sebuah kegiatan pengumpulan yang diberi nama Nurul Amal Peduli Palestina.

“Alhamdulillah dana terkumpul Rp 15.142.100 untuk tiga desa selama 3 hari. Ini pertama kali, akan berlanjut, tapi tidak untuk bencana ini saja, untuk kepentingan lain juga. Khusus saat ini kan kita peduli terhadap musibah yang menimpa saudara kami di Palestina,” ungkapnya.

Sengaja donasi itu disalurkan melalui Baznas Pamekasan, kata dia, karena Baznas Pamekasan merupakan lembaga resmi negara di daerah yang mendapatkan tugas untuk mengumpulkan dana zakat infak sadakah untuk disalurkan bagi yang berhak, termasuk untuk bantuan ke Palestina.

“Selain itu memang kami mau ngobrol terkait, di sini juga ada santunan anak yatim, kebetulan di lembaga Nurul Amal itu di setiap momen tertentu itu juga kami berikan bantuan yatim dan dhuafa sehingga nanti kami akan berbicara lebih jauh bekerjasama dengan Baznas ini,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan KH Mukhellis Ketua Formiga Pamekasan. Dia mempercayakan hasil donasi Palestina disalurkan melalui Baznas Pamekasan karena ingin dana yang dikumpulkan itu disalurkan melalui lembaga resmi yang ditunjuk negara di daerah.

Wakil Ketua I Baznas Pamekasan Drs Abdurrahman Abbas MSi mengucapkan terima kasih pada komunitas dan tokoh agama yang telah mempercayakan dana donasi Palestina disalurkan melalui Basnaz Pamekasan.

Dia berjanji akan segera mengirimkan dana itu melalui Baznas Jawa Timur.

“Ketentuannya dana donasi Palestina yang diperoleh dari Baznas daerah harus disalurkan melalui Baznas Jatim dan juga nanati akan disalurkan secara menyeluruh ke Baznas RI di Jakarta, ” jelasnya. (mas)

baca juga :

Korea Terbuka 2022, Dua Ganda Campuran Indonesia ke Perempat Final

Proliga 2023: Megawati dan Yolla Bawa Pertamina Fastron Libas Popsivo

Redaksi Global News

Polresta Siapkan Posko di Sungai Porong

Redaksi Global News