Global-News.co.id
Madura Utama

AMAN Jatim Bantu Sumur Bor Desa Kertagenah Tengah Kadur Pamekasan

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Aliansi Madura Nasional (AMAN), Senin (18/12/2023), memberikan bantuan pembuatan sumur bor  bagi warga Desa Kertagenah Tengah Kecamatan Kadur. Bantuan ini merupakan rangkaian kegiatan sosial yang dilakukan AMAN sejak sepanjang musim kemarau tahun 2023 ini.

Acara penyerahan bantuan dipusatkan di rumah Hafid warga Desa Kertagenah Tengah Kecamatan Kadur. Kegaitan ini  dihadiri oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat sekitar, Kepala Desa Kertagenah Tengah dan juga Ketua AMAN Jawa Timur H. Suli dan pengurus DPD AMAN Pamekasan.

AMAN adalah organisasi atau paguyuban orang- orang Madura yang tersebar di seluruh nusantara. Organisasi  ini baru didirikan sekitar satu tahun yang lalu dan bergerak memberikan bantuan bidang sosial. Khusus pada musim kemarau tahun ini AMAN fokus memberikan  bantuan air bersih di 38 kabupaten di Jawa Timur.

“Ketika kemarau panjang kemarin itu yang membutuhkan air itu langsung dikirim melalui tanki tangki, kadang kadang  dua hari sekali, atau satu minggu tiga kali. Juga di samping bantuan air, biasanya melakukan bantuan sosial  dalam kegiatan Jumat  berkah,” ujar Dra Sri Wartini Astirahayu MM pengurus AMAN Jatim yang juga penasihat DPD AMAN Pamekasan.

Bantuan sumur bor pada masyarakat  Desa Kertagenah Tengah Kecamatan Kadur, diberikan karena masyarakat sangat membutuhkan sumur untuk penuhi kebutuhan air bersih. Lantaran kekurangan biaya AMAN turun tangan memberikan bantuan.

Sri Wartini Astirahayu, yang akrab disapa Ibu Yayuk ini menjelaskan AMAN kini dipimpin oleh H Suli, seorang  pengusaha sukses asal Omben Sampang yang kini menetap di Surabaya. H Suli juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) AMAN Jatim yang berpusat di Surabaya.

“H Suli ini asal Omben Sampang dia pengusaha besi tua, selain sebagai pengurus atau ketua di AMAN Jatim beliau juga yang menjadi donator terbesar di AMAN. Di samping  itu beliau juga menjadi donator dari berbagai kegiatan sosial lain yang digelar oleh kelompok atau paguyuban lain di Jatim,” ungkapnya.

Sumur bor bantuan AMAN di Desa Kertagenah Tengah  Kacamatan Kadur, kata Ibu Yayuk, untuk memenuhi  kebutuhan ratusan kepala keluarga yang ada di sekitarnya. Juga untuk memenuhi kebutuhan air bersih beberapa masjid yang ada di sekitarnya.

Dalam menjalankan tugas sosialnya, lanjut Ibu Yayuk, AMAN menjalin kerjasama dengan organisasi atau paguyuban lain yang bergerak di bidang dakwah dan  sosial,  di antaranya dengan DPW Al Insan Jatim. Kepada organisasi mitranya, AMAN sering memberikan bantuan fasilitas di antaranya perkantoran. (mas)

baca juga :

Menhub Pastikan Sriwijaya Air SJ 182 Jatuh, Bawa 62 Orang Termasuk 7 Anak-anak

Redaksi Global News

SEA Games 2023: Tekuk Thailand, Sepakbola Indonesia Raih Emas

Jumlah Pasien Sembuh Jatim Lewati Kasus Positif, Gubernur Khofifah Tegaskan Jangan Sampai Lengah