Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Utama

Dukung Geliat Pembangunan Sidoarjo, Gus Muhdlor Apresiasi Pers, Pegiat Fotografi, dan Vlogger

SIDOARJO (global-news.co.id) – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengapresiasi para wartawan, pegiat fotografer dan vlogger yang turut berkontribusi, bersinergi dalam mengawal dan mendukung program-program pembangunan lewat karya dan dokumentasi foto maupun video tentang geliat pembangunan di Kabupaten Sidoarjo tahun 2023.

Pers sebagai jembatan informasi kepada masyarakat yang mengedepankan kerja profesional, memenuhi unsur 5 W + 1 H dalam penulisan berita menurut Gus Muhdlor merupakan sumber informasi penting karena sudah terverifikasi yang dibutuhkan masyarakat ditengah derasnya informasi di media sosial.

Ajang Awarding Anugerah Jurnalistik Bupati Sidoarjo tahun 2023 dengan tema Geliat Pembangunan Menuju Sidoarjo yang Gemilang Menyongsong Hari Jadi Sidoarjo ke 165 yang digelar di Pendopo Delta Wibawa, Senin (27/11/2023) mengundang lebih dari seratus jurnalis, pegiat fotografi dan vlogger.

Selain di hadiri Pj Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto dan Asisten 2 Budi Basuki, kepala OPD yang hadir diantaranya Kepala Dinas PU Bina Marga dan SDA, Kepala BPPD Ari Suryono, Kepala BKD Moch Machmud, Kepala Dinas Kesehatan Fenny Apridawati, Kepala DP3AKB Heni Kristiani dan Noer Rochmawati Kepala Dinas Kominfo Sidoarjo serta sejumlah pejabat pemkab Sidoarjo.

“Acara ini membangun interaksi lebih dekat lagi, membangun sinergi dengan para pegiat fotografi, vloger dan para jurnalis dengan pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Dengan kegiatan ini bisa membangun kedekatan dengan dinas terkait, kepala OPD yang menjadi sumber berita. Sumber primer yang kemudian bahasa beritanya tidak mengandung dugaan atau ditengarai,” ujarnya.

Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Gus Muhdlor itu mengatakan sinergi pemerintah Kabupaten Sidoarjo dengan insan pers diperlukan dalam pembangunan. Pembangunan yang dilakukannya akan cepat tersampaikan ke masyarakat lewat media.

“Harapan kami pertemuan hari ini menjadi satu bentuk komitmen kita bersama antara pemerintah Kabupaten Sidoarjo punya sinergitas yang kuat dengan seluruh jurnalis, pegiat fotografi dan para vlogger se Kabupaten Sidoarjo,” ucapnya.

Gus Muhdlor mendukung terbangunnya komunikasi yang baik antara insan pers, pegiat fotografi dan para vlogger yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Sidoarjo untuk membangun suatu kerja yang kolaboratif dan inspiratif.

Putra KH. Agoes Ali Masyhuri itu menilai hasil karya yang dipamerkan seperti foto dan video serta hasil lomba jurnalistik sangat inspiratif dan variatif dalam melihat sudut pandang geliat pembangunan yang dilakukan Pemkab Sidoarjo saat ini.

“Acara seperti ini sudah selayaknya diadakan rutin, bisa tiap momen, atau rutin satu tahun dua kali agar pers berlomba-lomba menciptakan karya jurnalistik terbaik, pegiat fotografi memotret pembangunan Sidoarjo dan para vlogger mendokumentasikan dengan video pendeknya bagaimana geliat pembangunan Sidoarjo hari ini,” ucapnya.

Kapala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Sidoarjo Noer Rochmawati menyampaikan, total peserta lomba sebanyak 78 orang.

“Lomba karya jurnalistik diikuti 23 orang, lomba fotografi diikuti 36 orang dan lomba vlog diikuti 15 orang. Dimulainya lomba ini 27 Oktober dan ditutup akhir pengumpulan karya tanggal 22 November 2023. Pengumuman pemenang 24 November di IG Pemkab Sidoarjo dan awarding penyerahan penghargaan untuk para pemenang tanggal 27 November hari ini,” terangnya.

Mantan Kepala BPKAD Sidoarjo ini menyampaikan ucapan terimaksih kepada para insan pers, pegiat fotografi dan vlogger yang telah ikut mendukung acara dan tentunya atas kontribusi melalui karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat dan Dinas Kominfo Sidoarjo.

“Selamat kepada para juara dan peserta lainnya yang belum menang bisa ikut lomba lagi di tahun berikutnya,” ucapnya.

Dinilai oleh para dewan juri yang sudah profesional di bidangnya, diantaranya Boy Slamet mantan Fotograger Jawa Pos yang saat ini sedang bekerja di Harian Disway, Ribut Wijoto Redaktur Beritajatim.com dan Hidayat Surya Abadi Produser Indosiar dan Liputan 6 SCTV.

Berikut ini pemenang lomba karya Jurnalistik kategori khusus pers:
Juara 1 : Firma Zuhdi Alfauzi wartawan Jawa Pos dengan judul karya Enam Proyek Infrastruktur Bakal Tuntas Akhir Tahun.
Juara 2 : Bagus Riyanto wartawan Jawa Pos TV dengan judul karya Revitalisasi Alun-alun Sidoarjo.
Juara 3 : Ali Kusyanto wartawan Harian Bhirawa dengan judul karya Jatuh Bangun Mengurai Macet di Jalur Surabaya.

Pemenang lomba Fotografi kategori untuk umum:
Juara 1 : Isdiantono dengan judul karya Keboananom Cemerlang.
Juara 2 : Muhammad Hafidz Wahyu Affandi dengan judul karya Flyover Krian.
Juara 3 : Dimas Maulana fotografer Jawa Pos dengan judul karya Terus Berbenah.

Pemenang lomba Vlog kategori untuk umum:
Juara 1 : Muhammad Dhanial Multazam dengan judul karya Pembangunan Sidoarjo.
Juara 2 : Mohammad Misbahul Auliyak dengan judul karya Pembangunan Flyover Krian.
Juara 3 : Celline Christiara Median Putri dengan judul karya Emang Boleh Sekaget Ini.

Pada kesempatan itu Bupati Ahmad Muhdlor juga memberikan apresiasi kepada para ketua organisasi dan wartawan dan puluhan wartawan atas peran dan dedikasinya dalam mengawal pembangunan Sidoarjo.

Apresiasi penghargaan untuk ketua organisasi wartawan diberikan kepada: Nur Yahya Ketua Aliansi Jurnalis Sidoarjo, Bambang Pramono Putra Ketua IJTI Sidoarjo, Mustain Ketua PWI Sidoarjo, M. Taufik Ketua Forum Wartawan Sidoarjo,

Kategori Pemerintahan: Vega Dwi Arista Radar Sidoarjo, Indra Setiawan LKBN Antara, Iswin Arrizal – Cakrawala.co, Kholik Koran Pojok Kiri, Suud Sekilas Media, Novem Suhendra Arek TV, Slamet Abidin Liputan Sidoarjo, Rino Tutuko Radar Bangsa.

Kategori Inovasi Pelayanan Publik: Bagus Rianto Jawa Pos TV, Syaiful Bahri Sidoarjonews.id, Rudi Mulya Times Indonesia, Aini Arifin Ngopibareng.id, Zainul – Bidik, Darianto Wartanusa, Aris Pratomo Jatim Hits.

Kategori Pendidikan: Achmad Suprayogi Radarjatim.id, Kholid Andika Madu TV, Kristiono Wibowo TVRI, Rico Hardiansyah Trans TV/CNN, Mustohit Eko Cahyono TV 9, Ali Lutfi Indonesia News, Siwanto Mmc news.com.

Kategori Infrastruktur: Yoyok Agusta I News TV, Januar Fahmi RRI, Heri Susetyo Metro TV, Agus Waluyo Lampumerah.id, Imam Muchlis Sidoarjo Terkini, Fathur Roziq Ketik.id, Ita Hariati Garuda Nusantara, Mokhamad Ubaidilah Cakrawala.com

Kategori Kritik Membangun:
Jack Robby Kompas TV, Usro Indra JTV, Satria Nugraha Surya Kabar, Umarul Faruq Fotografer LKBN Antara, Nanang Ichwan I News Sidoarjo, Kholid Muhaimin Berita Bangsa, Ludi DNN.net. (*)

baca juga :

Skandal Djoko Tjandra, Satu Lagi Pejabat Polri Dicopot

Redaksi Global News

BNI-Boom Motorist Shop Card Percepat Pertumbuhan Bisnis dan Ekosistem Digital Para Motorist

Redaksi Global News

Khitanan BMPD Jatim Diikuti 150 Anak Kurang Mampu

gas