Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Pemkot Surabaya Hilangkan Kesan Kumuh Pantai Batu-Batu

Pemkot Surabaya menghilangkan kesan kumuh di kawasan wisata Pantai Batu-Batu Kenjeran yang selama ini digunakan para pedagang kaki lima

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah Kota Surabaya menghilangkan kesan kumuh di kawasan wisata Pantai Batu-Batu Kenjeran yang selama ini digunakan para pedagang kaki lima (PKL) berjualan secara liar.

Kepala Bidang (Kabid) Ketertiban Umum Satpol PP Kota Surabaya Irna Pawanti dalam keterangannya, Minggu (22/10/2023), mengatakan pihaknya mulai melakukan pembersihan sampah, setelah berhasil merelokasi 78 pedagang kaki lima (PKL) pantai Batu-Batu Kenjeran ke dalam Sentra Ikan Bulak (SIB). “Pembersihan tersebut telah kami mulai sejak 20 Oktober 2023,” katanya.

Sebelumnya, 78 PKL yang berdagang di sekitar Pantai Batu-Batu Kenjeran berhasil dipindahkan ke dalam SIB. Mereka juga telah mengambil nomor undian untuk menentukan posisi stan berjualan.

Penertiban, sekaligus pembersihan dilakukan guna menghilangkan kesan kumuh di sekitar area pantai, serta mempermudah masyarakat setempat maupun wisatawan dapat melihat keindahan pantai Kenjeran secara langsung.

Irna mengatakan proses pembersihan sampah sisa lapak PKL dilakukan bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya.

“Penertiban ini juga bertujuan untuk menyelamatkan alam sekitar pantai Kenjeran. Termasuk membersihkan tali yang terlilit di pohon,” kata Irna.

Para petugas membersihkan sampah dari sisa-sisa lapak pedagang, seperti kayu, tali-tali yang masih menggantung di pepohonan, dan sampah-sampah di sekitaran Pantai Batu-Batu.

Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan sebagai upaya pelestarian lingkungan di sepanjang Pantai Batu-Batu Kenjeran. “Di sisi lain kami berharap para PKL bisa berdagang dengan lebih nyaman setelah di pindah di SIB,” katanya. (pur)

baca juga :

Polemik Penyegelan YPI Cokroaminoto Surabaya ‘Clear’

Redaksi Global News

Statistika Bisnis, Fakultas Vokasi ITS Mengabdi: Mewujudkan Sumenep Sehat Melalui Dashboard Interaktif

gas

Bank Jatim dan Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan Daerah Gelar Vaksinasi Massal Dosis Kedua

Titis Global News