Global-News.co.id
Gaya Hidup Utama

I4C Ikatetrasma, Guyubkan Antar Angkatan Lewat Gowes

Sebagian dari peserta gowes yang memeriahkan ulang tahun pertama I4C, Sabtu (14/10/2023) sore

SURABAYA (global-news.co.id) – Ratusan penggowes melintasi jalanan Surabaya, Sabtu (14/10/2023) sore. Mereka antusias menggenjot pedal sepedanya demi memeriahkan ulang tahun pertama I4C Ikatetrasma, komunitas penggowes alumni SMAN 4 Surabaya.

Para penggowes itu bukan hanya terdiri anggota I4C Tetrasma, tapi juga dari berbagai komunitas sepeda yang ingin ikut memeriahkan sekaligus wujud solidaritas sesama penggemar sepeda. Di antaranya dari komunitas sepeda para alumni SMAN di Surabaya, karena masing-masing sekolah memiliki komunitas, komunitas NR, AMCC Bank Mandiri, Jampistress Cycling Club, serta klub sepeda Brompton.

Mengambil start dan finish di Kafe Tengah Kota (KaTeKo) Hotel Sahid Surabaya, rombongan menyusuri jalanan Surabaya, termasuk melewati almamater SMAN 4 Jl Prof Moestopo sebelum kembali ke finish.

Ketua Umum Ikatetrasma, Lukitasari Sigit, mengungkapkan kegembiraannya melihat antusiasme peserta. “Saya berharap ke depannya I4C bisa menjalin dan menjadi jembatan bagi komunitas-komunitas untuk lebih kompak, bersama-sama mewujudkan suatu kegiatan yang positif,” ujarnya saat memberi sambutan.

Dijelaskan, pendirian I4C yang antara lain dibidani Reny Soeprijo dan Ribut Santoso bertujuan untuk menjalin silaturahim lewat hobi. “Ya untuk mengguyubkan antar angkatan, kalau hobinya sama kan enak,” ujarnya.

Sejak didirikan itulah, secara rutin saban dua minggu sekali komunitas ini mengadakan kegiatan gowes bersama menyusuri berbagai wilayah kota Surabaya. Sebagai variasi, mereka terkadang melakukan kegiatan gowes ke luar kota, seperti Jogjakarta, Malang, Banyuwangi, Sidoarjo, dan terakhir ke Kebun Raya Purwodadi.

“Yang ikut bersepeda dan tergabung dalam WAG I4C itu dari angkatan 60-an sampai 2000 ke atas, mereka bisa saling komunikasi dengan enak,” katanya.

Kiki, panggilan Lukitasari, mengakui tidak semua alumni punya hobi sama bersepeda. “Saya sebagai ketua kan nggak bisa mengharuskan semua alumni ikut bersepeda. Atas usulan dari pengurus Ikatetrasma ada yang usul senam, jogging, memanah. Sebagai ketua saya harus mewadahi, sepanjang itu memungkinkan,” katanya.

Launching 5 cabang olahraga baru untuk para alumni, jogging, senam, memanah, hiking, dan menembak, sudah dilaksanakan Juli lalu. Dengan begitu para alumni bisa bergabung sesuai cabang olahraga yang diminati.

Merayakan ulang tahun pertamanya I4C Ikatetrasma juga mengadakan kegiatan berbagi pada para pengemudi ojek online, pengemudi taksi yang biasa mangkal di kawasan Kateko. Sementara untuk seluruh peserta gowes, yang kata Kiki mencapai 270 orang, masing-masing mendapatkan minyak goreng 1,8 liter, selain doorprize berdasarkan undian. (ret)

baca juga :

Bantu Penanganan Covid-19, Probiotik Bantu 168 Botol Proem-1 kepada PWI Jatim

Titis Global News

Loud Fest Vol.2 2023, Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Apresiasi Transformasi BNI

Gempa Turki-Suriah: Korban Tewas Diprediksi Tembus 10 Ribu Orang

Redaksi Global News