Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Menteri Budi Karya: Perpanjangan KCJB ke Surabaya Cenderung Lewati Selatan Jawa

Presiden Joko Widodo menyebut perpanjangan jalur KCJB ke Surabaya akan menumbuhkan titik-titik ekonomi baru di sepanjang wilayah yang dilintasinya

JAKARTA (global-news.co.id) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan jalur perpanjangan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) ke Surabaya, Jawa Timur cenderung akan melewati kota-kota di wilayah selatan Pulau Jawa.

“Jadi kecenderungannya kita lewat selatan tapi tentu itu didasarkan suatu studi,” kata Budi,  Kamis (14/9/2023).

Budi menuturkan, Kementerian Perhubungan akan melakukan kajian lebih lanjut untuk menentukan kota-kota yang akan menjadi rute dari perpanjangan jalur KCJB ke Surabaya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian memprogramkan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) hingga Surabaya dengan melewati Jogjakarta.

“Nama tetap Kereta Cepat Jakarta-Bandung, namun nantinya kereta ini tetap kita programkan sampai Surabaya melewati Jogjakarta,” ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Mohamad Risal Wasal dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu (5/7).

Sementara itu, dalam kesempatan terpisah, Presiden Joko Widodo mengatakan perpanjangan jalur KCJB ke Surabaya akan menumbuhkan titik-titik ekonomi baru di sepanjang wilayah yang dilintasinya.

“Ini untuk Jawa bagian selatan. Kalau Jawa utara kan sudah jalan tol. Buat menumbuhkan titik-titik ekonomi baru,” kata Presiden di Stasiun Padalarang, Bandung, Jawa Barat pada Rabu (13/9).

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditetapkan sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional pemerintah dalam Peraturan Presiden Nomor 3 tahun 2016 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional.

Sebagai informasi, KCJB dapat melaju dengan kecepatan 350 km/jam dan beroperasi menempuh jarak 142,3 km. Dengan kecepatan tersebut, waktu tempuh dari Stasiun Halim ke Padalarang adalah 32 menit dan dari Stasiun Tegalluar kembali menuju Halim 44 menit. (ntr, ins)

baca juga :

Haedar Nashir Sebut Ramadhan Momentum Bangun Kehidupan Penuh Toleransi

Redaksi Global News

Atlet Porwanas PWI Jatim Terbukti Tangguh Diajang KBAM 2022 Zona Timur

gas

Tembus 10 Besar Nasional KIP Desa, Kedungsumber Wakili Provinsi Jatim

Redaksi Global News