Global-News.co.id
Sport Utama

Liga 1: Pelatih Baru Persebaya Josep Gombau Pantau Latihan Tim

Pelatih kepala Persebaya Surabaya Josep Gombau memantau tim berlatih didampingi Uston Nawawi

SURABAYA (global-news.co.id) – Pelatih kepala Persebaya Surabaya Josep Gombau memantau tim berlatih didampingi Uston Nawawi menjelang laga tandang melawan Madura  United di Stadion Gelora 10 November Surabaya.

Pantauan pada Kamis (14/9/2024), pelatih asal Spanyol tersebut mendampingi mulai awal latihan pukul 15.30 WIB hingga 17.00 WIB. Tampak Uston dan Josep saling berbincang saat para punggawa Bajul Ijo itu menjalani pemanasan.

Sementara itu, Manajer Persebaya Surabaya Yahya Alkatiri berharap pendaftaran nama pelatih Josep Gombau ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) bisa segera selesai sebelum pertandingan melawan Madura United, pada 17 September 2023.

“Alhamdulillah pelatih baru sudah datang, sudah kami daftarkan sebenarnya pada hari itu, semoga sebelum pertandingan besok sudah clear semuanya di LIB,” ucapnya saat ditemui wartawan usai mendampingi pemain Persebaya latihan di Stadion Gelora 10 November Surabaya.

Jadi, menurut dia, kemungkinan besar akan dibawa saat tim yang berjuluk Bajul Ijo tersebut bertandang ke Madura. “Nanti di Madura Insya Allah ikut,” katanya.

Yahya menjelaskan, manajemen akhirnya menjatuhkan pilihan ke pelatih asal Spanyol tersebut karena dilihat dari segi pengalamannya. “Selain banyak pengalamannya, Josep Gombau yang cocok untuk membangun Persebaya secara keseluruhan,” ujarnya.

Oleh karena itu, manajemen Persebaya segera mematenkan kontrak mantan pelatih klub asal Liga Super India Odisha FC tersebut.

“Kami sudah patenkan selama satu musim, nanti kami lihat perkembangan berikutnya,” tuturnya.

Sementara, lanjutnya, untuk status dari pelatih karteker Persebaya Uston Nawawi akan segera diumumkan melalui ofisial. “Untuk status Uston Nawawi nanti dilihat saja pengumuman ofisial,” kata Yahya.

Selain itu, dirinya berpesan agar para pemain dari klub kebanggaan Arek-Arek Suroboyo tersebut dapat bermain baik dalam setiap laga. “Kami dari manajemen ingin setiap Persebaya bertanding harus tampil dengan baik dan menang,” ujarnya.

Hingga saat ini, menurut situs data sepak bola Transfermarkt, pemilik nama lengkap Josep Gombau Balague saat ini statusnya tanpa klub.

Selain itu, pelatih kelahiran Juni 1976 tersebut sudah memiliki lisensi UEFA Pro. Klub terakhir yang dia latih ialah Odisha FC asal Liga Super India.

Pelatih yang dinaungi agen DV7 Management tersebut pernah melatih Espanyol dari junior, scout hingga direktur teknis.

Selanjutnya, dia ke Barcelona sebagai pemandu bakat pemain muda dan asisten pelatih. Selain itu, dirinya juga pernah melatih di Timnas Australia di kategori U-24 bahkan senior.

Klub lainnya yang pernah ia latih adalah Kitchee SC (Hong Kong), Adelaide United FC (A-Leauge Australia), WS Wanderers FC (A-Leauge Australia), Queensboro FC (USL, Amerika Serikat) dan Odisha FC (Liga Super India). (ntr, ins)

baca juga :

Gus Muhdlor Lepas 1.050 Kontingen Sidoarjo ke Porprov Jatim 2023

Redaksi Global News

Polresta Sidoarjo Ungkap Dua Kasus Pencurian di Dua Tempat

Redaksi Global News

Liga 1, Gol Semata Wayang Rizky Dwi Menangkan Arema Atas Bhayangkara FC

Redaksi Global News