Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Peduli Buruh Pabrik, Pemprov Jatim Kolaborasi dan Bank Jatim Salurkan Bantuan Langsung Tunai

Bantuan langsung tunai diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman, Kamis (24/8/2023).

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemprov Jatim bersama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim kembali menyalurkan bantuan sosial demi meningkatkan perekonomian rakyat. Kali ini, bantuan sosial yang diberikan kepada 5.030 buruh pabrik berupa uang tunai. Bertempat di PT HM Sampoerna Rungkut 2, bantuan langsung tunai tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman, Kamis (24/8/2023).

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Restu Novi Widiani menjelaskan, dari total 5.030 buruh yang menerima bantuan, sebanyak 97 persennya adalah pekerja perempuan. “Ini membuktikan bahwa perempuan-perempuan di sini tangguh dan bahkan tidak sedikit yang sudah bekerja lebih dari 25 tahun,” urainya dikutip dari siaran pers.

Restu juga memaparkan, 5.030 buruh yang hadir tersebut berasal dari lima perusahaan. “Dari angka itu, sebanyak 4.700 buruh bekerja di PT HM Sampoerna,” lanjutnya.

Sebagai informasi, secara total, bantuan dari Pemprov akan disalurkan kepada 9.259 orang yang tersebar di 54 perusahaan dan berasal dari 38 kab/kota di Jawa Timur. Kemudian anggaran yang disediakan oleh Pemprov untuk bantuan tersebut sebesar Rp 13,8 miliar.

“Kita mulai di Surabaya ini karena jumlahnya luar biasa, yaitu 5.030. Untuk Sisanya masih ada 4.229 lagi yang belum disalurkan terdiri dari Bakorwil Madiun, Bojonegoro, Malang, dan Jember. Nanti itu akan disesuaikan dengan kesiapan Bank Jatim dalam hal pembukaan rekening kolektif dan kesepakatan dengan perusahaan terkait,” ungkap Restu.

Adapun bantuan uang tunai yang telah diberikan kepada 5.030 buruh pabrik rokok itu sebesar Rp 1.500.000,00/orang dalam bentuk Tabungan Siklus Bank Jatim. Selain itu, di PT HM Sampoerna juga terdapat dua mobil kas keliling Bank Jatim untuk melayani transaksi keuangan para buruh.

Menurut Busrul, bantuan berupa uang tunai ini diharapkan dapat meringankan beban seluruh buruh rokok serta sebagai bentuk konkret kepedulian Bank Jatim terhadap lingkungan sekitar. “Tidak hanya fokus untuk bisnis, Bank Jatim juga tentunya akan terus membangun value dan nilai-nilai yang baik untuk seluruh masyarakat. Kegiatan-kegiatan seperti ini juga merupakan salah satu wujud gotong royong kita bersama untuk memajukan ekonomi,” tuturnya.

Pihaknya berkomitmen akan terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemprov Jatim demi menyejahterakan masyarakat dan meningkatkan perekonomian Jawa Timur. “Semoga Bank Jatim bisa terus memberikan kontribusi yang positif untuk negeri,” tegas Busrul.

Sementara itu, Khofifah mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyaluran bantuan ini. Antara lain PT HM Sampoerna, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, dan Bank Jatim. “Semoga bantuan uang tunai hari ini dapat memberikan keberkahan untuk kita semua,” tutupnya. (tis)

baca juga :

Ungguli Pesaing, Jatim Sabet Emas Panjat Tebing Nomor Lead Beregu Putra

Redaksi Global News

Buka Latpimnas II, Gubernur Khofifah Bangkitkan Spirit Majapahit untuk Peserta

Redaksi Global News

Kasus Longsor, BPBD Nganjuk Tidak Menutup Lokasi Wisata Sedudo

Redaksi Global News