Global-News.co.id
Nasional Pendidikan Utama

WICOC 2023: Kadispendik Jatim Lepas Tim SMAN 10 Berlaga di Korsel

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Aries Agung Paewai saat melepas tim siswa SMA Negeri 10 Surabaya

SURABAYA (global-news.co.id) – Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Aries Agung Paewai melepas tim siswa SMA Negeri 10 Surabaya untuk mengikuti ajang kompetisi karya tulis ilmiah “World Invention Creativity Olympic and Conference” (WICOC) di Korea Selatan.

Aries Agung Paewai, Senin (17/7/2023), memuji SMAN 10 untuk dapat mengikuti ajang yang berlangsung pada 28-29 Juli mendatang itu. “Saya melihat inisiatif sekolah melalui kepala sekolah dalam mencari sponsor dan dana yang tidak terikat. Bahkan, mereka ada yang membiayai dirinya. Ini dilakukan siswa karena ingin membawa nama baik sekolah, dan mengukir prestasi. Maka kami ingin memberikan kontribusi nyata,” katanya.

Kontribusi yang dimaksud tersebut adalah berupa penghargaan dan apresiasi dari Gubernur Jawa Timur atau dalam bentuk penghargaan lain bisa berupa bebas masuk perguruan tinggi karena prestasi yang diukir.

“Mudah-mudahan sekolah lain melakukan hal yang sama. Tidak memaksakan, tapi turut mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan,” ujarnya.

Kepala SMAN 10 Surabaya Budi Susanto menyebut selain tim dari sekolahnya, turut pula diberangkatkan tim dari SMA Papua Barat untuk berlaga di ajang yang diikuti ratusan pelajar dan mahasiswa dari seluruh dunia itu.

“Mereka membawa dua karya besar untuk dikompetisikan dan diuji oleh guru besar di Korea Selatan,” ucapnya.

Inovasi yang dilombakan nanti, katanya, adalah bidang inovatif science yakni alat inovasi yang menghasilkan probiotik, dan kedua alat yang bisa menetralisir suhu udara dari Covid-19.

Kedua terobosan tersebut dinilai menjadi solusi terbesar tingkat dunia di bidang inovatif science dan dan environmental science. “Kami berharapnya paling tidak membawa prestasi medali emas dan syukur-syukur dapat grand prix,” tutur dia.

Persiapan kompetisi internasional ini sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu. Lebih lagi, sejak Januari di sekolah tersebut telah menerapkan budaya riset. Ia juga menyatakan negara-negara di Amerika, Eropa dan Asia seperti China dan Jepang menjadi pesaing yang cukup kuat.

“Negara-negara adidaya tersebut menawarkan inovasi di bidang robotik, elektrik bahkan di bidang biologi atau kesehatan para siswanya sudah belajar tentang Alzheimer dan Parkison. Tapi, kami tidak gentar karena membawa inovasi dengan kearifan lokal. Saya harapkan probiotik ini mendapat penghargaan di tingkat dunia,” katanya. (ntr, ins)

baca juga :

Lindungi Pekerja Migran, BNI Dapat Tugas dari Menteri BUMN Erick Thohir

Redaksi Global News

Polresta Sidoarjo Gelar Vaksinasi Booster di Bundaran TPI

Redaksi Global News

Sua Persija, Ganjalan Besar PSM Lanjutkan Tren Kemenangan

Redaksi Global News