Global-News.co.id
Sport Utama

Selain Malaysia, Thailand hingga Vietnam Akan Ikut Cheng Hoo International Basketball Tournament 2024

H.A. Nurawi (dua dari kanan) menyerahkan souvenir kepada Heru Purnomo, panitia tournament.

CIREBON (global-news.co.id)- Cheng Hoo International Basketball Tournament Dibuka Sekjen Perbasi, Nirmaladewi, Minggu (23/7/2023) malam, di GMC Arena, Cirebon. Setidaknya 8 regu basket, termasuk dari luar negeri berlomba untuk memperebutkan piala Cheng Hoo Cup tersebut. Tahun depan peserta luar negeri bertambah, yakni dari Thailand dan Vietnam. Juga demikian peserta dalam negeri akan bertambah pula.

Seusai acara pembukaan dilakukan dipertandingkan antara MBC Malaysia melawan Jabar Selection yang dimenangkan Malaysia. Secara keseluruhan peserta turnament tersebut,
GMC Cirebon, Jabar Selection, GSBC Jakarta, Kenanga Babel, DYMS Bandung, Galaxy Bogor, Buls Jakarta dan MBC Malaysia.

Hadir dalam acara tersebut: Danny Kosasih Ketum Perbasi Pusat, Nirmaladewi Sekjen Perbasi Pusat, George Deendeng Waketum Perbasi Pusat, Nandang Ruskanda Ketua Harian Perbasi Jabar, Pak Iwan Sekum Perbasi Jabar, Bu Hj. Wati Ketua Koni Cirebon), Dr. irawan Kadispora Cirebon, Dedi Bomel Ketua Perbasi Kota Cirebon dan H. Abdullah Gobel. Sementara dari Cheng Hoo hadir Ketua Umum Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia (YHMCHI) H.A. Nurawi bersama istri, Dewan Pembina YHMCHI Edwin Suryalaksana, Humas PITI Surabaya Oei Tjing Yen dan Erfandi Putra Divisi Media Cheng Hoo.

Njoo Lie Wen, Ketua Cheng Hoo International Basketball Tournament mengatakan, Cheng Hoo Cup 2023 diadakan dengan tujuan memberikan wadah buat anak anak muda pecinta basket, sehingga mereka mempunyai agenda tetap tiap tahun untuk bertanding basket.

“Kenapa memilih nama Cheng Hoo Cup ?
Karena Cheng Hoo punya history yang bagus. Ini juga atas saran dari Pak Haji Abdullah Gobel selaku Pembina Tournament ini, maka tournament ini dinamai Cheng Hoo International Basketball Tournament. Masjid Cheng Hoo mempunyai peran penting didalam persatuan antar suku & umat di Indonesia,” katanya.

KIRI-KANAN: Edwin Suryalaksana, Oei Tjing Yen, Ny. H.A. Nurawi, H.A. Nurawi, Danny Kosasih dan Njoo Lie Wen.

Dia mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih juga kepada mendiang Pak Joseph Ichwan, karena beliaulah pihaknya bisa dikenalkan dengan Pengurus Yayasan Cheng Hoo untuk ijin memakai Nama Cheng Hoo Cup yang dulu pernah dipakai untuk event veteran.

“Untuk tahun depan pesertanya akan bertambah. Baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Team basket dari Thailand dan Vietnam sudah mengatakan kesanggupannya ikut tournament. Semoga negara tetangga lainnya juga ikut,” katanya

H.A. Nurawi, Ketua Umun YHMCHI dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengucapkan banyak terima kasih atas terselenggaranya acara ini. “Sebenarnya tournament bola basket.Cheng Hoo Cup ini sudah berlangsung 10 tahunan dibawah koordinator oleh bapak Alm. Joseh Ichwan, sejak peristiwa covid-19 melanda Indonesia sempat berhenti, tournament bola basket tersebut dapat berjalan atas upaya Alm Joseh Ichwan, Njoo Lie Wen dan bapak H. Abdullah Tauhid Gobel, maka terselenggaralah tournament bola basket tersebut pada hari ini tanggal 23 juli 2023. Saya yakin dan mendoakan semoga kegiatan tersebut semakin sukses ke depannya, apalagi dengan skala International, katanya.

Pertandingan antara MBC Malaysia melawan Jabar Selection.

Dikatakan, dengan Cheng Hoo International Basketball Tourbament 2023 ini dapat lebih memasyarakatkan lagi olah raga. Juga diharapkan menanamkan moral dan sportivitas, dan menanamkan rasa persatuan dan kesatuan, tanpa membedakan bangsa suku, ras, dan agama, khususnya para pemainnya. “Semoga acara ini tetap menjaga sportivitas dan kebersamaan,” katanya.

Sementara itu, Kadispora Cirebon, Dr. Irawan mengatakan, tournament ini merupakan model pembinaan pada generasi muda. “Saya berharap agar basket terus berkembang. Terutama di Cirebon. Turnament ini bergengsi karena pesertanya juga dari luar negeri,” katanya.

Setelah dibuka oleh Sekjen Perbasi Nirmaladewi dengan ucapan Bismillahirrokhmanirrohim, lalu penonton menikmati tarian dan dilanjutkan dengan pertadingan perdana antara MBC Malaysia melawan Jabar Selection. Tournament ini secara keseluruhan akan berakhir pada 29 Juli 2023. (Erfandi Putra)

 

 

 

 

baca juga :

Pacu Pemenuhan Kuota PBI JK, Direktur BPJS Kesehatan Datangi Pemprov Jatim

Libas Belgia 3-1, Wales Tantang Portugal di Semifinal

Permudah Intervensi, Walikota Minta Semua UMKM Surabaya Kantongi Izin Usaha

Redaksi Global News