Global-News.co.id
Nasional Utama

ADLG Award 2023: Sekdaprov Jatim Masuk Tiga Besar Finalis Peraih Penghargaan

Muhammad Faisal, Ketua Askompsi dalam pertemuan pengurus Askompsi dengan Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono dan Kadiskominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin serta jajarannya, di ruang kerja Sekdaprov Jatim, Rabu (5/7/2023).

SURABAYA (global-news.co.id) – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur (Sekdaprov Jatim), Adhy Karyono menjadi kandidat peraih Askompsi Digital Leadership Government (ADLG) Awards 2023, dengan masuk tiga besar finalis ADLG bersama Sekda Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja dan Sekda Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar.

Informasi itu disampaikan Muhammad Faisal, Ketua Askompsi (Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Se-Indonesia) dalam pertemuan pengurus Askompsi dengan Sekdaprov Jatim dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Provinsi Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin serta jajarannya, di ruang kerja Sekdaprov, Jl Pahlawan Surabaya, Rabu (5/7/2023).

Muhammad Faisal menjelaskan setelah ditetapkan menjadi tiga besar finalis ADLG, Sekdaprov Jatim Adhy Karyono akan memberikan presentasi di depan Kementerian Dalam Negeri dan pemberian penghargaan akan dilaksanakan pada 27 Juli 2023 di Jakarta.

“Agenda penghargaan tahunan kepada para sekretaris daerah di seluruh Indonesia ini, merupakan wujud apresiasi terhadap kinerja kepemimpinan dalam kerangka digitalisasi pemerintahan, penerapan regulasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik sangat bergantung sekali pada digital leadership seorang Sekda. Tidak bisa hanya ditumpukan pada Diskominfo,” ujarnya.

Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono menyampaikan terima kasih atas penetapan menjadi finalis penghargaan ADLG 2023. Ia juga memaparkan berbagai keberhasilan dan upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur di bawah kepemimpinan Gubernur, Khofifah Indar Parawansa dalam beberapa tahun terakhir, melakukan reformasi birokrasi, diantaranya pelaksanaan SPBE dan berbagai produk pelayanan digital yang bisa dirasakan oleh masyarakat.

Tidak hanya itu saja, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, juga sudah mulai membiasakan kepada para pimpinan Perangkat Daerah (PD) untuk bisa memanfaatkan sendiri teknologi digital guna menunjang kinerjanya tanpa dibantu oleh para stafnya.

“Hal itu bagian dari upaya semua terbiasa dengan interaksi dengan luas, kita merubah penampilan sejalan dengan reformasi, kita merubah secara technical system semua, tetapi juga behaviour (sikap dan perilaku) kita jaga juga, kita kondisikan, dan ini kita lombakan, kita ingin tahu sampai dimana,” tambahnya.

ADLG Awards 2023 kepada para Sekda di seluruh Indonesia ini merupakan wujud apresiasi terhadap kinerja kepemimpinan dalam kerangka digitalisasi pemerintahan melalui pelaksanaan  regulasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Satu Data Indonesia, serta Smart Province dan Smart City.

Seperti dipublikasikan di laman resmi https://adlgaward.id/, alasan ADLG Awards 2023 menyasar Sekda karena sesuai Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE, sekretaris daerah adalah koordinator SPBE. Sekretaris daerah memiliki kewenangan dan kemampuan untuk menggerakkan sinergi, koordinasi dan kolaborasi antar perangkat daerah sebagai kunci keberhasilan SPBE. (fan, jnr)

baca juga :

Terpilih sebagai Ketua PWI Jatim, Lutfil Janji 1 Periode & Transparan

Redaksi Global News

Business Matching UMKM AIPF 2023, BNI Xpora Kolaborasi dengan Atase Perdagangan Seoul

Redaksi Global News

Suara Diaspora Indonesia di Pilpres AS, Pendukung Trump ‘Sembunyi’ Takut Dikucilkan

Redaksi Global News