Global-News.co.id
Politik Utama

Terpilih sebagai Ketua PWI Jatim, Lutfil Janji 1 Periode & Transparan

Lutfil Hakim (dua dari kanan) usai terpilih sebagai Ketua PWI Jatim

SURABAYA (global-news.co.id) – Lutfil Hakim (Wakil Ketua PWI Jatim) terpilih sebagai Ketua PWI Jatim periode 2021-2026 dalam Konferensi XV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur yang digelar di Hotel Mercure Grand Mirama, Rabu (17/11). Dia mengungguli petahana Ainur Rohim.\

Dalam paparan visi misi sebelum pemilihan, Lutfil menyampaikan ide-ide sederhana, namun mampu menarik perhatian anggota PWI Jatim yang hadir sebagai pemilih. Selain ingin memberdayakan PWI kab/kota, merangkul seluruh elemen wartawan dan memberdayakan seluruh pengurus, Lutfil juga ingin ada transparansi keuangan jika dia terpilih jadi Ketua PWI Jatim.

“Saya ingin kontrak dengan akuntan kalau saya terpilih jadi Ketua PWI Jatim, sehingga seluruh keuangan organisasi transparan, tak muncul kecurigaan-kecurigaan,” katanya.

Lutfil juga ingin PWI Jatim mendorong agar PWI kab/kota lebih aktif menggelar kegiatan positif, mencerdaskan bersama stakeholder di daerahnya masing-masing. Karena merekalah yang tahu potensi daerahnya masing-masing. Dalam susunan organisasi, seluruh pengurus akan dilibatkan untuk bekerja bersama-sama membesarkan organisasi.

“Jangan sampai hanya pasang nama saja, namun mereka tak dilibatkan dalam setiap kegiatan. Kebersamaan penting dalam organisasi, kebersamaan adalah backbone organisasi,” katanya.

Sementara itu petahana Ainur Rohim saat paparan menyebut akan melanjutkan UKW (Uji Kompetesi Wartawan) untuk meningkatkan kualitas wartawan di Jatim. UKW penting karena menjadi salah satu indikator kelayakan profesi wartawan.

“Bisa dibayangkan kalau wartawan tak kompeten, bagaimana mereka bisa menyajikan karya jurnalistik yang berkualitas ke masyarakat,” katanya.

Ainur menyebut PWI merupakan organisasi profesi. Ke depan untuk meningkatkan kapasitas wartawan, kode etik, pentingnya pendidikan perlu ditekankan pada anggota. Pengetahuan harus jadi yang terdepan, karena pers sebagai media informasi, kontrol sosial dan hiburan.

Terkait ini PWI akan banyak menggelar diklat workshop dan update pengetahuan. Dia juga menyebut akan menuntaskan pendirian PWI Kabupaten Situbondo dan Kab Lumajang. “Hingga kini dua kabupaten itu belum ada cabang PWI,” katanya.

Calon ketiga Eko Pamuji (Harian Duta Masyarakat) dalam paparannya ingin membangun profesi wartawan menjadi semakin bermartabat, profesional, berwawasan dan beretika di dalam kehidupan masyarakat.

Salah satu cara untuk mencapai itu, kata Eko, adalah dengan terus meningkatkan kualitas SDM wartawan. PWI, sebagai organisasi profesi wartawan memiliki misi moral untuk terus meningkatkan kualitas wartawan anggotanya.

Sayangnya, sebelum pemilihan, Eko Pamuji memilih mengundurkan diri. Meskipun diwarnai mundurnya salah satu calon Ketua PWI Jatim, pemilihan tetap berjalan. Sebanyak 379 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang merupakan anggota PWI biasa dari PWI kota dan kabupaten di Jawa Timur memberikan hak pilih secara langsung maupun surat mandat.

Peserta yang mempunyai hak suara menulis nama calon ketua yang sudah lolos verifikasi di selembar kertas dan kemudian dikumpulkan dalam kotak suara. Sementara, mereka yang tidak hadir, namun mempunyai hak suara, memberikan pilihannya melalui surat mandat.
Setelah 379 DPT memberikan suaranya, dan dilanjutkan dengan perhitungan suara oleh panitia dan disaksikan saksi-saksi, Lutfil Hakim terpilih menjadi Ketua PWI Provinsi Provinsi Jawa Timur periode 2021-2026.

Mulai dari awal perhitungan suara, kedua calon tampak saling menyusul perolehan suara. Namun tak berapa lama, perhitungan suara mulai menunjukkan selisih. Lutfil Hakim mulai mengungguli Ainur Rohim.

Hasil akhir perhitungan suara, Lutfil Hakim memperoleh suara terbanyak. Lutfil Hakim unggul dengan perolehan 237 suara. Sementara Ainur Rohim memperoleh jumlah suara kurang separo dari perolehan Lutfil, yakni 116 suara. Dalam perhitungan suara tersebut, beberapa suara juga diketahui tidak sah maupun terdapat 1 suara abstain.

Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Zulkifli Gani Ottoh mengatakan, dengan perolehan tersebut, Lutfil Hakim terpilih menjadi Ketua PWI Provinsi Jawa Timur periode 2021-2026. “Dengan perolehan suara yang ada, Ketua PWI Jatim terpilih adalah Lutfil Hakim,” pungkasnya.

Usai perhitungan suara pemilihan ketua PWI Provinsi Jawa Timur periode 2021-2026, acara dilanjutkan dengan perhitungan suara untuk Dewan Kehormatan PWI Provinsi Jawa Timur periode 2021-2026. Dari tiga calon Dewan Kehormatan yakni Ferry Is Mirza, Joko Tetuko, Wahyu Harijanto setelah dilakukan penghitungan suara terpilih Joko Tetuko sebagai Dewan Kehormatan PWI Provinsi Jatim periode 2021-2026.

Sementara itu Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari mengatakan, dirinya memberikan apresiasi yang tinggi pada pelaksanaan pemilihan Ketua PWI Jatim untuk perioden 2021-2026. “Pesertanya sungguh luar biasa. Ini mungkin peserta terbesar dalam konfrensi yang saya hadiri,” katanya.

Meski peserta banyak, katanya, tetapi pelaksanaan konferensi berjalan aman, tertib dan demokratis. “Terakhir, saya ucapkan selamat kepada Lutfil Hakim sebagai ketua baru PWI Jatim. Semoga PWI Jatim lebih maju,” katanya. (tis, fan)

baca juga :

Ramadhan di Amerika Serikat: Tak Terusik Isu Rasisme, Rindu Tarawih di Masjid

gas

Nutrisi untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh si Kecil

Titis Global News

Kebakaran Lahan di California Luasnya Tiga Kali Lipat Wilayah Surabaya

Redaksi Global News