Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Program Kawan BNI Raih B Universe CSR Award 2023

JAKARTA (global-news.co.id) – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk terus meningkatkan pengembangan ekonomi masyarakat dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi pasca Pandemi Covid-19.

Berkat komitmen tersebut, BNI dianugerahi penghargaan B Universe CSR Award 2023 untuk kategori Sektor Keuangan melalui inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) Kawasan Wisata Anak Negeri (Kawan BNI). Adapun Program Kawan BNI merupakan bentuk kontribusi BNI terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya di kawasan wisata dan pengembangan komunitas pada umumnya.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo menjelaskan, program Kawan BNI merupakan salah satu upaya BNI untuk mendorong pengembangan ekosistem pariwisata dan ekonomi berkelanjutan di Indonesia dengan mengembangkan pariwisata di tiga lokasi, yaitu Desa Cunca Wulang Labuan Bajo, Desa Kuta Lombok, dan Desa Marinsow Likupang.

“Ke depan, BNI berharap pengelolaan sektor pariwisata di Indonesia menjadi lebih berkelanjutan, mendukung produk wisata, dan memberdayakan masyarakat sekitar,” ujar dia.

Okki memaparkan, pendampingan program Kawan BNI akan dilakukan dalam jangka waktu 2–3 tahun, yang dimulai dengan pengembangan kapasitas masyarakat desa melalui pelatihan dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia pada tahun 2022, dan kemudian pada tahun 2023, BNI akan memberikan bantuan yang dapat mendukung pengembangan Desa Wisata.

“Dengan adanya peran dan pendampingan dari BNI, diharapkan dapat tercipta perubahan yang bermanfaat bagi masyarakat Desa Wisata, seperti peningkatan ekonomi, penciptaan lapangan kerja baru, dan peningkatan stabilitas hidup,” ucapnya.

Dengan adanya pendampingan dan pelatihan, masyarakat di area tersebut dapat memanfaatkan peluang kerjasama dengan komunitas wisata, tour and travel, serta pemerintah daerah untuk memajukan kawasannya masing-masing serta mempromosikan potensi yang ada kepada masyarakat melalui kerjasama tersebut.

Okki menambahkan, tanggung jawab sosial perusahaan dilaksanakan selaras dengan komitmen Perseroan dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainable Development Goals (SDGs) dengan berpedoman kepada 7 (tujuh) Subjek Inti ISO 26000 sebagai Standar Global dalam pelaksanaan CSR.

Tujuan utama pembangunan berkelanjutan ini adalah untuk menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang inklusif dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Sebelumnya, B Universe CSR Awards kali ini digelar dengan tema “Maximizing Shared Value Through Sustainable CSR Initiatives”. Penghargaan tersebut diberikan kepada 19 perusahaan dengan program CSR terbaik.

Adapun proses penyaringan telah dilakukan sejak Februari 2023 kepada 700 perusahaan yang terdaftar dan tidak terdaftar di pasar modal melalui 3 tahap seleksi dan penjurian oleh para akademisi dan praktisi.

Managing Director B Universe Apreyvita Wulansari mengatakan, ajang B Universe CSR Awards 2023 ini ditujukan bagi perusahaan-perusahaan yang tetap peduli dan ingin berkontribusi terhadap penguatan ekonomi, sumber daya manusia (SDM), lingkungan, komunitas, dan masyarakat yang berkelanjutan.

“Kami ingin memberikan penghargaan dan bahkan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang tetap konsisten memberikan CSR-nya kepada lingkungan dan pemberdayaan ekonomi. B Universe tentunya ingin terlibat di sana dan ingin langsung memberikan apresiasi terhadap perusahaan-perusahaan terkait,” ujar dia. (jef)

baca juga :

Erupsi Semeru, Bantuan 1.000 Buah Kasur Lengkapi Perlengkapan Hunian bagi Penyintas

Redaksi Global News

dr Lanny Ungkap Kunci Eksistensi Miracle Clinic Selama 24 Tahun

Redaksi Global News

Tekan Harga Sembako, Bank Indonesia Bersama Pemkot Surabaya Rintis Wartek Inflasi

Redaksi Global News