Global-News.co.id
Sport Utama

Piala Dunia U-20: Bekuk Italia, Uruguay Sabet Juara

Timnas U-20 Uruguay berhasil menjadi juara Piala Dunia U-20 usai mengalahkan Italia

JAKARTA (global-news.co.id) – Timnas Uruguay berhasil jadi juara Piala Dunia U-20 2023 setelah mengalahkan Italia dengan skor 1-0 di Estadio Unico Diego Armando Maradona, Minggu (11/6/2023) waktu setempat. Uruguay lebih mendominasi permainan sejak awal babak pertama. Anderson Duarte dan kawan-kawan terus menekan pertahanan Italia.

Italia kemudian menghabiskan lebih banyak waktu untuk bertahan alih-alih coba menyusun serangan. Kiper Italia, Sebastiano Desplanches dipaksa bekerja keras sepanjang babak pertama yang berakhir imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, Uruguay masih jadi tim yang lebih banyak mendominasi serangan. Sebaliknya, Italia belum banyak memberi ancaman ke lini pertahanan Uruguay.

Pelatih Italia, Carmine Nunziata lalu memutuskan melakukan sejumlah pergantian pemain demi mengubah alur permainan. Mattia Zanotti, Daniele Montevago, dan Francesco Pio Esposito diturunkan ke lapangan.

Pertarungan Uruguay vs Italia ini sendiri berlangsung keras dan sengit. Sejumlah benturan terjadi di antara kedua pemain. Desplanches termasuk pemain yang sering beradu saat coba mengamankan gawang.

Walaupun Uruguay terus menyusun serangan dan menekan, lini pertahanan Italia yang dikomandoi Daniele Ghilardi bisa tampil cukup solid.

Pada menit ke-80, Italia harus bersiap bermain dengan 10 orang. Wasit Glenn Nyberg langsung mengangkat kartu merah setelah Matteo Prati menempatkan kakinya ke lutut Andreas Ferrari.

Namun setelah wasit melihat tayangan VAR, wasit akhirnya menganulir keputusan tersebut dan hanya memberikan kartu kuning.

Setelah bertubi-tubi mengirimkan serangan bergelombang, Uruguay akhirnya bisa membobol gawang Italia di menit ke-86 lewat Luciano Rodriguez. Rodriguez berada di posisi yang pas untuk menyundul bola ke gawang saat kemelut terjadi di kotak penalti Italia.

Wasit sempat berdiskusi dengan wasit VAR usai momen itu dan mengesahkan gol tersebut.

Italia berupaya mencari gol penyama kedudukan, termasuk saat wasit memberikan waktu tambahan 11 menit. Tetapi mereka tetap kesulitan melakukan serangan ke pertahanan Uruguay. Skor 1-0 untuk Uruguay bertahan hingga akhir pertandingan. (cnn, ola)

baca juga :

IPW Sebut Rekonstruksi Penembakan Laskar FPI Ada yang Tidak Masuk Akal

Redaksi Global News

Titik Black Box Sriwijaya Air Ditemukan, KM Basudewa Merapat Bawa Alat Khusus

Redaksi Global News

PNS Pemkot Solo akan Nobar Rio Haryanto dan Saweran

Redaksi Global News