Global-News.co.id
Nasional Utama

Gubernur Khofifah Sampaikan Amanat Presiden Terapkan Nilai Pancasila

Pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila 2023 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (1/6/2023)

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk mengajak seluruh komponen bangsa bersama-sama menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, saat menjadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila 2023 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (1/6/2023).

“Semoga melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang. Semoga Allah Subhanawataala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua, untuk kejayaan bangsa dan negara,” ujarnya.

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu juga mengatakan, Presiden Jokowi mengajak seluruh elemen untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.

“Dengan menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika. Menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia, masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari perilaku korupsi, terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia, menjadi negara mandiri dan negara paling berpengaruh di Asia Pasifik serta Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia,” ucapnya.

Gubernur Khofifah menambahkan, melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila tidak dapat digantikan dengan apa pun juga baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang,” katanya.

Usai upacara, Gubernur Khofifah juga menyerahkan penghargaan lencana Jer Basuki Mawa Beya kategori emas kepada Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) V/Brawijaya Mayor Jenderal  TNI Farid Makruf dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto.

Keduanya mendapat penghormatan atas jasanya berperan aktif dalam pengendalian inflasi, pengamanan kemiskinan ekstrem, penanganan stunting dan investasi serta menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat di Jawa Timur.

Selain itu, diberikan juga penghargaan kepada kabupaten/kota terbaik tentang pengelolaan jaringan dokumentasi dan informasi hukum tahun 2023.

Terbaik satu, diberikan kepada Kabupaten Banyuwangi, terbaik dua Kabupaten Tuban, ketiga Kota Surabaya, keempat Kabupaten Nganjuk dan kelima adalah Kota Malang. (ntr, fan)

baca juga :

BNI Gelar Mudik Bersama 2022

Redaksi Global News

Unit PPA Satreskrim Polresta Sidoarjo Edukasi Pelajar Tangguh Hadapi Era Digital

Redaksi Global News

UMKM Diminta Ciptakan Produk Berkualitas dan Bersaing