Global-News.co.id
Metro Raya Nasional Teknologi Utama

Forum Smart City Nasional 2023: Walikota Eri Nilai sebagai Wadah Kembangkan Konsep Layanan Cerdas

Forum Smart City Nasional 2023 digelar di Surabaya oleh Kemenkominfo 

SURABAYA (global-news.co.id) – Forum Smart City Nasional 2023 yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika dijadikan sebagai wadah mengembangkan konsep layanan cerdas berbasis digital antar-daerah.

“Sistemnya smart city bisa diterapkan di Surabaya maupun di semua tempat, jadi bukan saja milik Surabaya tetapi milik semuanya,” kata Walikota Surabaya Eri Cahyadi pada acara Forum Smart City Nasional 2023 di salah satu hotel di Surabaya, Senin (12/6/2023).

Menurutnya, poin terpenting dari acara itu, yakni menjamin kemudahan dan kecepatan pelayanan bagi masyarakat setiap daerah. Oleh karena itu, konsep “pelayanan cerdas” di satu daerah bisa diterapkan hingga dilakukan pengembangan.

“Jadi semua daerah menggunakan uang APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). APBD adalah uang negara, jadi bukan persaingan antar-daerah,” ujarnya.

Walikota Eri tak memungkiri Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengadopsi banyak konsep smart city dari setiap daerah. Hal itu kemudian diimplementasikan pada sistem perencanaan di kota pimpinannya. “Ada banyak, seperti waktu ke Semarang. Semarang juga menggunakan konsep dari Surabaya,” ucapnya.

Pertukaran perencanaan disebutnya bisa memunculkan pemerataan pelayanan cerdas berbasis digital di seluruh wilayah kabupaten dan kota di Indonesia.

Dia menjamin membuka pintu bagi setiap daerah yang ingin mengadopsi konsep “smart city” dari Kota Surabaya.

“Tidak ada lagi daerah yang tertinggal, tidak ada lagi daerah yang paling hebat. Setiap daerah pasti punya kehebatan dan kekurangan masing-masing. Kami letakkan ego dan lebih bergabung menjadi satu untuk menerapkan konsep smart city pada daerah masing-masing,” ujar dia.

Forum Smart City Nasional 2023 yang digelar di Kota Surabaya, 12-14 Mei 2024, dihadiri oleh sejumlah kepala daerah dan perwakilan pemerintah kota serta kabupaten se-Indonesia.

Walikota Eri juga berharap jajarannya bisa mengambil banyak ide konsep kota cerdas dari berbagai daerah di Tanah Air untuk memaksimalkan berjalannya sistem pelayanan dan tata kelola pembangunan Kota Pahlawan ini. (pur)

baca juga :

Liga 1: Gabung Tim, Kiper Ernando Latihan Terpisah

Redaksi Global News

Tujuh Meninggal Enam Selamat, Seluruh Korban Banjir Bandang di Kota Batu Ditemukan

Redaksi Global News

Puncak Kasus COVID-19 Diprediksi Berlangsung Akhir September hingga Oktober

Redaksi Global News