Global-News.co.id
Politik Sport Utama

FIFA Matchday: Laga Lawan Palestina Nilai Positif bagi Hubungan DiplomatikFIFA Matchday: Laga Lawan Palestina Nilai Positif bagi Hubungan Diplomatik

Salah satu warga menunjukkan tiket FIFA Matchday 2023 di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (11/6/2023). (foto Antara)

JAKARTA (global-news.co.id) – Dosen Program Studi Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan Kishino Bawono menilai laga FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Palestina menjadi nilai positif bagi hubungan diplomatik kedua negara.

“Pertandingan itu merupakan pengakuan bangsa Indonesia kepada bangsa Palestina sehingga pertandingan ini menjadi nilai positif bagi hubungan diplomatik kedua negara. Salah satu yang dibutuhkan untuk memperjuangkan kemerdekaan rakyat Palestina adalah pengakuan dari bangsa lain,” kata Kishino, dalam keterangan tertulis, Selasa (13/6/2023).

Dia mengatakan, melalui pertandingan tersebut, PSSI tengah menunjukkan bahwa Indonesia tetap konsisten dengan politik luar negeri dan diplomasinya, yakni mendukung kemerdekaan bangsa Palestina.

“Dalam konstitusi kita, jelas menyebutkan bangsa Indonesia menolak setiap penjajahan di muka bumi. PSSI yang menyelenggarakan pertandingan antarkedua negara ini ingin menunjukkan kepada dunia dan publik di dalam negeri kalau Indonesia masih konsisten mendukung kemerdekaan bangsa Palestina,” kata dia.

Dengan demikian, lanjut Kishino, langkah Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang menghadirkan pertandingan Timnas Indonesia melawan Timnas Palestina pada 14 Juni 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, itu sesuai dengan amanat konstitusi dan kebijakan luar negeri bangsa Indonesia yang pro- Palestina.

Berikutnya, ia memandang langkah Erick yang akan memberikan 10 persen dari hasil penjualan tiket pertandingan Timnas Indonesia melawan Timnas Palestina itu menyiratkan adanya dukungan bangsa Indonesia terhadap perjuangan bangsa Palestina dalam meraih kemerdekaan.

Kishino meminta masyarakat Indonesia untuk bersabar melihat dampak positif dari pemberian bantuan kepada masyarakat Palestina dari hasil penjualan tiket tersebut.

“Diharapkan banyak tiket yang terjual sehingga donasi akan diberikan kepada masyarakat Palestina. Dengan demikian, sumbangan itu akan signifikan dan dapat bermanfaat bagi bangsa Palestina untuk memperjuangkan kemerdekaannya dari Israel,” kata Kishino. (ntr, ola)

baca juga :

Magetan Ambil Bagian Topang Ekonomi Jatim

Peringatan Hari Pahlawan, Pemkot Surabaya Minta Warga Kibarkan Bendera Satu Tiang Penuh hingga Putar Lagu Perjuangan

Redaksi Global News

Penyebaran Covid-19 Melonjak Lagi, Italia Kembali Lockdown 4 Wilayah

Redaksi Global News